-->

RPP K13 Tema 8 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2017/2018

Advertisemen
Gudang RPP Kurikulum 2013 - Bapak/Ibu guru pengunjung blog Gudang RPP K13, berikut kami sajikan mengenai RPP K13 Tema 8 sub tema 1, sub tema 2, sub tema 3 dan sub tema 4 Kelas 1 SD Tahun 2018.

Adapun RPP K13 Tema 8 Kelas 1 SD Tahun 2018 yang bisa anda jadikan referensi dalam penyusunan, namun yang kami sajikan di bawah ini hanyalah sebuah contoh  silahkan Bapak/Ibu kembangkan atau tambahkan serta sesuaikan sendiri  dengan keadaan di sekolah anda.


PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :   SDN ...
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 8                             :   Peristiwa Alam
Sub Tema 1                      :   Cuaca
Pembelajaran                  :   1
Alokasi Waktu                 :   1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1       Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1       Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
3.3       Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar gambar/benda konkret
4.4       Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
SBDP
3.1       Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1       Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan
C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡  Mengidentifikasi peristiwa siang dan malam (cuaca cerah dan hujan) secara lisan
¡  Mengelompokkan kosakata tentang peristiwa siang dan malam (cuaca hujan dan cuaca cerah)
Matematika
¡  Mengenal pola bilangan
¡  Melengkapi pola bilangan
¡  Membuat pola bilangan
SBDP
¡  Membedakan warna cerah dan tidak cerah
¡  Mewarnai gambar menggunakan warna cerah dan tidak cerah
D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mengenal Cuaca Hujan, Berawan, Mendung, Dan Cerah
¡  Membaca Cerita Mengenai Cuaca Cerah pada Siang dan Malam Hari
¡  Mengenal Pola Bilangan 50-75
E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡    Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡    Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡    Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeristiwa Alam”.
¡    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
¡    Siswa bersama guru bernyanyi lagu Tik-Tik Bunyi Hujan ciptaan Ibu Sud.
¡    Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cuaca. Cuaca adalah keadaan udara di suatu tempat pada waktu tertentu. Indonesia adalah negara yang memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Indonesia memiliki empat cuaca, yaitu cuaca cerah, cuaca berawan, cuaca mendung dan cuaca hujan. Cuaca cerah adalah cuaca saat langit terang dan matahari bersinar tidak terlalu panas. Cuaca berawan adalah saat di langit banyak awan dan angin bertiup. Cuaca mendung adalah saat langit berawan hitam dan angin bertiup lebih kencang. Cuaca hujan adalah saat hujan turun dan matahari hampir tidak bersinar. (Mengamati)
¡    Siswa mengamati puisi cuaca cerah dan cuaca hujan yang tertera di buku siswa.
¡    Siswa menyimak guru membaca puisi dengan intonasi yang benar.
¡    Siswa secara bersamaan membaca puisi. (Mengasosiasi)
¡    Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. (Mengekplorasi)
¡    Setiap kelompok membaca puisi secara bergantian.
¡    Siswa secara berkelompok berdiskusi mengenai perbedaan kedua puisi tersebut serta menjawab pertanyaan di buku siswa.
¡    Setiap kelompok diminta maju ke depan kelas untuk menceritakan hasil diskusinya mengenai ciri-ciri cuaca cerah dan cuaca hujan. (Mengkomunikasikan)
¡    Siswa diajak bermain menebak kata mengenai cuaca cerah dan hujan.
¡    Guru menyiapkan empat lingkaran yang dibuat di halaman sekolah. Keempat lingkaran tersebut dibuat berseberangan. Dua lingkaran masing-masing bertuliskan hujan dan cerah. Sementara dua lingkaran di seberangnya masing masing berisi 10 kartu dengan warna berbeda (merah dan biru). Setiap kartu bertuliskan 1 kata yang berhubungan dengan cuaca cerah dan cuaca hujan (misalkan basah, hangat, langit terang, angin sepoi, angin kencang, dingin, jas hujan, payung, hujan, langit gelap, langit biru, dan lain lain). (Mengekplorasi)
¡    Setiap kelompok diminta menentukan urutan pemain pertama, kedua, dan seterusnya.
¡    Pemain pertama dari kelompok pertama dan kelompok kedua akan mengambil satu kartu kata dan berlari ke lingkaran di seberangnya serta meletakkan kartu kata tersebut sesuai dengan cuaca yang cocok (misalkan meletakkan kartu kata basah di lingkaran hujan).
¡    Kegiatan yang sama dilakukan pemain kedua, ketiga, dan seterusnya pada kelompok satu dan dua.
¡    Jika kelompok pertama dan kedua telah selesai, permainan dilanjutkan untuk kelompok ketiga dan keempat.
¡    Selama menunggu giliran bermain, siswa lainnya dengan tertib menunggu sambil memberikan semangat kepada temannya yang sedang bermain. (Mengasosiasi)
¡    Guru melakukan perhitungan skor. Perhitungan skor ditentukan dengan banyaknya kartu kata yang tepat diletakkan sesuai lingkaran. Pemain yang tepat meletakkan kartu kata akan mendapatkan skor 5.
¡    Kelompok dengan skor tertinggi adalah pemenangnya. Guru mengumumkan pemenang permainan.
¡    Siswa bersama guru menutup kegiatan dengan menyampaikan rasa syukur bahwa Tuhan telah menciptakan bumi lengkap dengan cuaca cerah dan hujan sehingga makhluk hidup dapat nyaman tinggal di bumi dan manusia dapat melakukan banyak aktivitas. (Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡    Kegiatan diawali dengan menjawab pertanyaan guru. (Menanya)
-       Bagaimana perasaanmu saat cuaca cerah?
-       Apa yang kamu lakukan saat malam cerah?
¡    Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa saat siang hari cuaca cerah langit berwarna biru, angin bertiup pelan, dan sinar matahari terasa hangat. Kita dapat mengamati burung-burung terbang. Sementara pada malam hari yang cerah, kita dapat memandang ke langit yang bertaburan bintang. Bintang-bintang terlihat sangat indah dan udara malam pun sejuk. (Mengamati)
¡    Siswa diminta membaca dua paragraf cerita pendek tentang cuaca cerah pada siang hari dan cuaca cerah pada malam hari yang ada pada buku siswa.
¡    Siswa menuliskan perbedaan dari kedua paragraf tersebut di buku siswa. (Mengekplorasi)
¡    Jawaban diarahkan untuk menemukan perbedaan warna pada kedua cerita pendek tersebut.
¡    Siswa diminta mengamati dua gambar di buku siswa.
¡    Siswa mewarnai kedua gambar dengan warna yang sesuai. Warna-warna cerah digunakan untuk gambar suasana siang dan warna-warna tidak cerah digunakan untuk gambar suasana malam. (Mengasosiasi)
¡    Setelah mewarnai, siswa diminta mengamati pola bilangan dalam bentuk gambar. Siswa menghitung dan melengkapi pola bilangan. (Mengamati)
¡    Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa pola bilangan dapat dilengkapi dengan cara melakukan penjumlahan bilangan dua. Contoh:
2 + 2 = 4
4 + 2 = 6
6 + 2 = 8
atau
1 + 2 = 3
3 + 2 = 5
5 + 2 = 7
¡    Siswa melengkapi pola bilangan dengan kisaran bilangan 50 sampai 75. Guru dapat memberikan arahan. Jika siswa belum selesai, latihan dapat dilanjutkan di rumah. (Mengasosiasi)
¡    Siswa membuat pola bilangan dengan menyusun gambar benda-benda langit.
¡    Siswa dan guru menutup kegiatan dengan rasa syukur atas karunia Tuhan. Cuaca cerah dan cuaca hujan adalah karunia Tuhan. (Mengkomunikasikan)
30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Cerita pendek
G.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis latihan di buku siswa
2. Unjuk kerja mengelompokkan kata
Rubrik Penilaian Kegiatan Mengelompokkan Kata
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
1
Kemampuan mengelompokkan kata
Mengelompokkan 10 kata dengan tepat
Mengelompokkan 8-9 kata dengan tepat
Mengelompokkan 6-7 kata dengan tepat
Mengelompokkan 5 kata atau kurang dengan tepat
2
Kerja sama kelompok
Seluruh anggota kelompok terlihat aktif dan saling mendukung
Setengah atau lebih anggota kelompok terlihat aktif dan saling mendukung
Setengah atau kurang anggota kelompok terlihat aktif dan saling mendukung
Seluruh anggota kelompok terlihat pasif

3. Unjuk kerja mewarnai
Rubrik Penilaian Kegiatan Mewarnai
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
1
Kemampuan mewarnai
Memenuhi empat aspek (teknik penarikan garis warna searah, warna menutupi seluruh objek gambar, menunjukkan kemampuan gradasi warna, dan hasil kerja rapi)
Hanya memenuhi tiga dari empat aspek
Hanya memenuhi dua dari empat aspek
Hanya memenuhi satu aspek
2
Ketepatan waktu menyelesaikan kegiatan mewarnai
Lebih cepat dari waktu yang disediakan
Tepat waktu
Terlambat maksimal lima menit
Terlambat lebih dari lima menit

  
Tema 8                             :   Peristiwa Alam
Sub Tema 1                      :   Cuaca
Pembelajaran                  :   2
Alokasi Waktu                 :   1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.5       Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.5       Membuat teks diagram label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PPKn
3.1       Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu sila Pancasila

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡  Mengidentifikasi komponen tabel secara lisan
¡  Mencocokkan simbol
¡  Membuat tabel

PPKn
¡  Menyebutkan simbol dan bunyi sila ketiga
¡  Mengidentifikasi gotongroyong sebagai perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
¡  Melaksanakan gotongroyong

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mengamati Tabel Cuaca
¡  Membersihkan Sekolah Secara Bergotong Royong

E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡    Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡    Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡    Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeristiwa Alam”.
¡    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
¡    Kegiatan diawali dengan siswa mendengarkan guru bercerita tentang kondisi cuaca kemarin dan hari ini. Guru juga menyampaikan dugaannya terhadap kondisi cuaca malam hari. Siswa diminta bertanya mengenai mengapa cuaca berubah-ubah. Pertanyakan ditujukan kepada guru atau siswa lainnya. (Mengamati)
¡    Siswa dibagi menjadi lima kelompok. Setiap kelompok akan mendapatkan satu tabel yang berisi perbedaan cuaca dalam lima hari.
¡    Siswa mendiskusikan jawaban dan mencatat jawaban di buku siswa. (Mengekplorasi)
¡    Siswa mengamati gambar simbol cuaca di buku siswa. (Mengamati)
¡    Siswa diminta untuk mendiskusikan arti simbol yang diberikan. (Mengekplorasi)
¡    Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa setiap cuaca memiliki simbol masing-masing. (Mengamati)
¡    Siswa diminta keluar kelas untuk memperhatikan cuaca di sekitar sekolah.
¡    Siswa mendiskusikan hasil pengamatan tentang cuaca di sekitar sekolah. (Mengekplorasi)
¡    Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai proyek pengamatan cuaca dalam lima hari. (Mengamati)
¡    Siswa diminta untuk mengerjakan proyek pengamatan cuaca dalam lima hari. (Mengasosiasi)
¡    Siswa mengisi tabel cuaca harian dengan simbol cuaca. (Mengasosiasi)
¡    Sebagai penutup kegiatan, guru dan siswa mengucapkan rasa syukur bahwa dengan beragam cuaca yang kita alami dapat membantu banyak kegiatan manusia. (Mengkomunikasikan)

Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡    Kegiatan diawali dengan mendengarkan cerita pendek yang dibacakan guru. (Mengamati)
¡    Siswa mendengarkan dan menyimak cerita tersebut.
¡    Setelah siswa mendengarkan cerita, guru menjelaskan bahwa gotong-royong adalah perilaku yang baik. Gotong-royong berarti melakukan kegiatan bersama-sama, berbagi tugas untuk kepentingan bersama. Dengan bergotong-royong, pekerjaan akan lebih mudah dilakukan dan dapat memperkuat kekeluargaan. Gotong-royong termasuk perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Sila ketiga Pancasila adalah Persatuan Indonesia. Lambangnya adalah pohon beringin.
¡    Siswa mengamati gambar lambang sila ketiga Pancasila.
¡    Siswa dibagi menjadi lima kelompok. (Mengekplorasi)
¡    Setiap kelompok berdiskusi untuk membuat rencana kegiatan gotong-royong membersihkan lingkungan sekolah.
¡    Setelah menyusun rencana, setiap kelompok melakukan gotong-royong.
¡    Setelah gotong-royong, siswa kembali ke kelas untuk menuliskan refleksi diri mengenai  anfaat gotong-royong. Siswa mendapat arahan guru untuk menuliskan refleksi diri. (Mengkomunikasikan)

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Tabel cuaca dalam lima hari
¡  Kartu simbol cuaca
¡  Cerita pendek
¡  Sapu ijuk, sapu lidi, pengki, lap

G.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis di buku latihan siswa

2. Unjuk kerja kegiatan pengamatan cuaca

Rubrik Penilaian Proyek Pengamatan Cuaca
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
1
Ketepatan mengisi tabel pengamatan
Seluruh tabel pengamatan diisi dengan tepat
Setengah atau lebih tabel pengamatan diisi dengan tepat
Kurang dari setengah tabel pengamatan diisi dengan tepat
Belum mampu mengisi tabel
2
Ketepatan waktu menyelesaikan proyek
Lebih awal dari waktu yang ditentukan
Tepat waktu
Terlambat satu hari dari waktu yang ditentukan
Terlambat dua hari dari waktu yang ditentukan

4. Observasi kegiatan bergotong-royong

Lembar Pengamatan Kegiatan Bergotong-royong
No.
Kriteria
Terlihat ( ü )
Belum Terlihat ( ü )
1
Kemampuan melakukan pembagian tugas
....
....
2
Kemampuan melaksanakan gotong-royong
....
....
3
Semangat mengikuti kegiatan gotong-royong
....
....


Tema 8                             :   Peristiwa Alam
Sub Tema 1                      :   Cuaca
Pembelajaran                  :   3
Alokasi Waktu                 :   1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1       Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1       Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian


PJOK
3.4       Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
4.4       Mempraktikkan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡  Mengidentifikasi cerita berdasarkan urutan gambar
¡  Melengkapi kalimat sesuai gambar
¡  Menyusun gambar sesuai cerita

PJOK
¡  Mengidentifikasi cara bermain egrang
¡  Mempraktikkan permainan egrang

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Membuat Cerita Bergambar Tentang Aktivitas saat Cuaca Hujan
¡  Bermain Egrang saat Cuaca Cerah

E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡    Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡    Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡    Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeristiwa Alam”.
¡    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
¡    Kegiatan diawali dengan siswa bermain tebak peran. (Mengekplorasi)
¡    Satu orang siswa diminta untuk mendekat ke guru. Guru membisikkan jenis permainan yang akan diperagakan siswa di depan teman-temannya. Jenis permainan yang diperagakan adalah yang dapat dilakukan pada cuaca hujan, seperti bermain congklak, bermain petak umpet di dalam rumah, dan bermain egrang saat hujan reda.
¡    Siswa tersebut memperagakan permainan yang dimaksud sementara teman-temannya memperhatikan. (Mengekplorasi)
¡    Siswa lain diberi kesempatan untuk menebak jenis permainan yang dimaksud.
¡    Usahakan semua siswa mendapatkan giliran untuk bermain.
¡    Siswa diminta melengkapi kalimat berdasarkan gambar yang diamati.
¡    Setelah selesai melengkapi kalimat, siswa diminta untuk menyusun gambar sehingga berbentuk cerita berseri. (Mengasosiasi)

Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡    Pada awal kegiatan, siswa mendengar penjelasan guru bahwa cuaca cerah adalah waktu yang menyenangkan untuk bermain egrang. Egrang dapat membantu melatih keseimbangan dan ketekunan siswa. Egrang terbuat dari sepasang bambu berukuran kira-kira 120 cm. Di setiap bambu ada pijakan kaki. Cara membuat pijakan kaki adalah bambu dilubangi pada jarak 20 cm dari pangkalnya. lalu, bambu berukuran 20-30 cm dimasukkan ke lubang dan diikat dengan tali. (Mengamati)
¡    Siswa dibagi menjadi empat kelompok. (Mengasosiasi)
¡    Setiap kelompok siswa mendapatkan 1 pasang egrang.
¡    Siswa mengamati cara guru bermain egrang.
¡    Siswa meniru guru cara bermain egrang.
¡    Siswa bergiliran berjalan dengan menggunakan egrang. Siswa dapat mencoba sebanyak lima langkah terlebih dahulu.
¡    Siswa berjalan dengan egrang sebanyak sepuluh langkah.
¡    Siswa berjalan menggunakan egrang dengan jarak yang telah ditentukan guru.
¡    Setelah siswa bermain egrang, guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa saat menggunakan egrang. Guru menanyakan apakah kita dapat berlari atau melompat dengan egrang? Siswa bersama guru bersyukur karena Tuhan menciptakan kaki untuk kita. (Mengkomunikasikan)

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Egrang

G.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis latihan di buku siswa
2. Observasi bermain egrang

Lembar Pengamatan Kegiatan Bermain Egrang
Kriteria
Terlihat ( ü )
Belum Terlihat ( ü )
Kemampuan menjaga keseimbangan tubuh dengan baik
....
....
Kemampuan berjalan dengan menggunakan egrang
....
....
Kemampuan berdiri dengan menggunakan egrang
....
....


Sub Tema 1                      :   Cuaca
Pembelajaran                  :   4
Alokasi Waktu                 :   1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
SBDP
3.3       Mengenal unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari
4.11     Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar dengan menggunakan level tinggi, sedang, dan rendah

Matematika
3.3       Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkret
4.4       Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang

Bahasa Indonesia
3.1       Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1       Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SBDP
¡  Membedakan gerak angin
¡  Mempraktikkan gerakan menirukan gerakan pohon tertiup angin

Matematika
¡  Memperkirakan pola bilangan
¡  Membuat pola bilangan (80-91)

Bahasa Indonesia
¡  Mengidentikasi angin
¡  Mengamati pergerakan angin

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mengenal Kegiatan pada Cuaca Berawan
¡  Menirukan Gerak Alam, yaitu Gerak Angin
¡  Mengenal Pola Bilangan 76-99

E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡    Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡    Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡    Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeristiwa Alam”.
¡    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
¡    Kegiatan diawali dengan siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai angin. Angin adalah udara yang bergerak. Pada cuaca cerah, mendung dan hujan ada angin yang bertiup. Angin sepoi atau angin yang pelan terjadi pada cuaca cerah, angin yang bertiup sedang terjadi pada cuaca mendung, sementara angin kencang terjadi saat cuaca hujan. (Mengamati)
¡    Siswa mengamati gambar layang-layang dan kincir angin.
¡    Setelah mengamati gambar, siswa dibagi menjadi empat kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu layang-layang dan dua kincir angin yang telah disediakan guru.
¡    Setiap kelompok bermain layang-layang dan kincir angin. (Mengasosiasi)
¡    Setelah bermain, siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan berikut: (Menanya)
-       Mengapa layang-layang dapat terbang?
-       Mengapa kincir angin dapat berputar?
¡    Siswa menuliskan hasil diskusi di buku siswa. (Mengkomunikasikan)
¡    Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai manfaat angin. Angin bermanfaat untuk banyak kegiatan manusia, di antaranya saat mengeringkan pakaian, perahu berlayar, bermain layang-layang, hingga menggerakkan kincir angin. (Mengamati)
¡    Siswa mengamati gambar benda-benda yang tertiup angin. Siswa diminta melanjutkan pola bilangan yang terdapat pada benda-benda tersebut.
¡    Setelah melanjutkan pola bilangan, siswa membuat pola bilangan dengan menggunakan gambar layang-layang dan kincir angin.
¡    Siswa membuat pola bilangan dari urutan bilangan terkecil. (Mengekplorasi)

Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡    Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa bermain di luar kelas mengikuti gerakan alam adalah hal yang menyenangkan. Salah satunya adalah gerakan angin. Siswa telah mengidentifikasi tiga jenis angin berdasarkan kecepatan. Sekarang saatnya menirukan gerakan angin. (Mengamati)
¡    Siswa membuat barisan di lapangan. Siswa memilih tempat yang tidak basah atau berbahaya. (Mengekplorasi)
¡    Siswa melakukan gerakan seperti yang dicontohkan guru. (Mengasosiasi)
a.   Gerakan pohon tertiup angin sepoi
Siswa berdiri tegak.
Badan bergerak pelan ke kanan dan ke kiri.
b.   Gerakan pohon tertiup angin sedang.
Siswa berdiri tegak.
Kedua tangan diangkat ke atas.
Ayunkan tangan ke kanan dan ke kiri.
c.   Gerakan pohon tertiup angin kencang.
Siswa berdiri tegak.
Kedua tangan diangkat ke atas.
Ayunkan tangan ke kanan dan ke kiri. Lakukan gerakan dengan cepat.
¡    Siswa melakukan gerakan sesuai dengan aba-aba guru. (Mengasosiasi)
¡    Guru dapat melakukan variasi gerakan dan aba-aba.
¡    Siswa melakukan gerakan bersama-sama.
¡    Permainan gerakan dapat diiringi oleh musik.
¡    Siswa diberi kesempatan untuk menciptakan gerakan mengikuti gerakan alam. (Mengekplorasi)

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit


F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Layang-layang
¡  Kincir angin
¡  Musik instrumen


G.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis latihan di buku siswa
2. Observasi permainan menirukan gerakan angin


Lembar Pengamatan Permainan Menirukan Gerakan Angin
No.
Kriteria
Terlihat ( ü )
Belum Terlihat ( ü )
1
Kemampuan melakukan gerakan angin sepoi
....
....
2
Kemampuan melakukan gerakan angin sedang
....
....
3
Kemampuan melakukan gerakan angin kencang
....
....
4
Semangat menirukan gerakan angin


5
Variasi gerakan




      Tema 8                             :   Peristiwa Alam
Sub Tema 1                      :   Cuaca
Pembelajaran                  :   5
Alokasi Waktu                 :   1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.1       Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
Matematika
3.4       Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
4.4       Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari, serta memeriksa kebenarannya
Bahasa Indonesia
3.1       Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1       Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
¡  Menyebutkan simbol dan bunyi sila kedua
¡  Menceritakan perilaku yang tepat sesuai sila kedua Pancasila
Matematika
¡  Mengidentifikasi cara menyelesaikan soal cerita
¡  Menyelesaikan soal cerita tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur sampai 20
Bahasa Indonesia
¡  Mengidentifikasi perlengkapan yang digunakan di berbagai cuaca
¡  Mengelompokkan perlengkapan yang diperlukan untuk berbagai cuaca
D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Memilih Perlengkapan yang Tepat untuk Berbagai Cuaca
¡  Mengamati Perilaku yang Tepat di Lingkungan Sekolah dan Rumah
¡  Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Berhitung Maju atau Mundur
E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡    Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡    Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡    Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeristiwa Alam”.
¡    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
¡    Kegiatan diawali dengan siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai perlengkapan yang dibutuhkan di berbagai cuaca. Perlengkapan seperti pakaian harus disesuaikan dengan cuaca. Saat cuaca hujan, kita memerlukan payung dan jas hujan. Sebagai penjelasan tambahan, guru dapat menjelaskan bahwa sebaiknya saat cuaca cerah kita menggunakan pakaian berwarna terang. Sementara itu, pakaian warna gelap digunakan saat cuaca mendung. Pakaian warna gelap jika digunakan saat cuaca cerah akan menyerap panas sehingga kita akan merasa kepanasan. (Mengamati)
¡    Guru bertanya kepada siswa, jenis bahan apakah yang cocok digunakan untuk cuaca hujan? (Menanya)
¡    Siswa menjawab pertanyaan guru dengan melakukan percobaan menentukan jenis bahan sesuai cuaca hujan.
¡    Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. (Mengekplorasi)
¡    Setiap kelompok memperoleh alat-alat untuk melakukan percobaan, yaitu plastik, kertas tisu, kertas koran, kertas karton, dan segelas air.
¡    Siswa diminta untuk menuangkan segelas air pada setiap bahan. Sebelumnya, minta siswa untuk menduga apa bahan yang tidak hancur setelah dituangkan air.
¡    Siswa melengkapi tabel hasil percobaan di buku siswa. (Mengasosiasi)
¡    Siswa membaca dengan nyaring soal cerita tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur sampai 20.
¡    Siswa mengklasifikasi gambar benda-benda sesuai dengan pemakaiannya di berbagai musim. (Mengasosiasi)
¡    Sebagai tugas di rumah, siswa diminta mendata perlengkapan yang digunakannya di segala kondisi cuaca. Tugas ini dapat disesuaikan dengan daerah asal siswa. (Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡    Siswa mengawali kegiatan dengan menjawab pertanyaan guru. (Menanya)
-       Apa yang akan kamu lakukan jika cuaca hujan?
-       Apa yang akan kamu lakukan jika saat hujan temanmu tidak membawa payung?
¡    Siswa mengamati gambar. (Mengamati)
¡    Siswa melanjutkan gambar dengan cara menghubungkan titik-titik. (Mengasosiasi)
¡    Siswa mengamati gambar mengenai perilaku yang tepat dan tidak tepat. (Mengamati)
¡    Siswa melingkari gambar perilaku yang tepat dengan warna merah. (Mengasosiasi)
¡    Siswa melingkari gambar perilaku yang tidak tepat dengan warna cokleat.
¡    Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnya perilaku yang baik, yaitu tolong-menolong. Menolong orang lain selain dapat membantu mengatasi kesulitan juga membuat kita senang. Salah satu perilaku baik saat cuaca hujan adalah meminjamkan payung kepada teman yang tidak membawa payung. Sifat senang menolong termasuk sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Sila kedua Pancasila berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Lambang sila kedua adalah rantai. (Mengamati)
¡    Sebagai tugas di rumah, siswa mengisi tabel perilaku baik selama satu minggu. (Mengasosiasi)
30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit
F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Kertas tisu
¡  Kertas karton
¡  Kertas koran
¡  Plastik

G.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.   Tes tertulis latihan di buku siswa
2.   Unjuk kerja pengamatan perilaku baik

Rubrik Penilaian Proyek Pengamatan Perilaku Baik
No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Jumlah pengisian daftar perilaku baik dalam tabel
Tabel terisi untuk tujuh hari
Tabel terisi untuk enam hari
Tabel terisi untuk lima
Tabel terisi untuk empat hari atau kurang
2
Ketepatan waktu penyelesaian tugas
Lebih awal dari waktu yang ditentukan
Tepat waktu
Terlambat satu hari dari waktu yang ditentukan
Terlambat dua hari atau lebih dari waktu yang ditentukan
              Tema 8                             :   Peristiwa Alam
Sub Tema 1                      :   Cuaca
Pembelajaran                  :   6
Alokasi Waktu                 :   1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1       Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1       Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian


PJOK
3.7       Mengetahui perbedaan bergerak di air dan di darat dalam aktivitas air
4.7       Mempraktikkan berbagai bentuk permainan pengenalan air

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡  Memberikan contoh kegiatan yang sesuai dengan cuaca
¡  Melengkapi kalimat mengenai kegiatan di berbagai cuaca
¡  Mendemonstrasikan profesi pembawa berita cuaca

PJOK
¡  Mengidentifikasikan cara gerak meluncur di dalam kolam dengan papan luncur
¡  Mempraktikkan gerak meluncur di dalam kolam dengan papan luncur

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Manfaat Berbagai Cuaca untuk Kegiatan Manusia
¡  Bermain Air saat Cuaca Cerah

E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡    Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡    Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡    Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeristiwa Alam”.
¡    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
¡    Kegiatan diawali dengan siswa menjawab pertanyaan guru tentang apakah mereka pernah mendengarkan laporan cuaca di televisi atau radio. (Menanya)
¡    Guru menyampaikan bahwa orang yang membaca laporan cuaca disebut pembawa acara atau reporter. Guru menyampaikan bahwa siswa hari ini akan menjadi reporter cuaca. (Mengamati)
¡    Siswa diminta untuk keluar kelas dan mengamati cuaca di sekitar sekolah dan menjawab pertanyaan di buku siswa.
¡    Setelah masuk kelas, siswa diminta berdiskusi mengenai keadaan cuaca pada saat itu. (Mengasosiasi)
¡    Siswa diminta melengkapi kalimat pada paragraf yang tersedia di buku siswa. (Mengekplorasi)
¡    Siswa diminta bermain peran menjadi pembawa berita cuaca dengan membaca paragraf yang telah dilengkapi.
¡    Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan sesuai dengan cuaca yang tepat. (Mengamati)
¡    Siswa mengamati gambar di buku siswa.
¡    Siswa mengklasifikasi pekerjaan atau kegiatan sesuai dengan cuaca. (Mengasosiasi)
¡    Guru menutup kegiatan dengan mengajak siswa bersyukur bahwa dengan berbagai cuaca akan membantu pekerjaan dan kegiatan manusia. (Mengkomunikasikan)

Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡    Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa bermain air tidak hanya menyehatkan, tetapi juga membuat suasana hati gembira. (Mengamati)
¡    Siswa diminta untuk meluncur dengan bantuan guru. (Mengekplorasi)
¡    Siswa meluncur dengan memegang tangan guru yang bergerak mundur.
¡    Siswa meluncur dengan papan luncur.
¡    Siswa meluncur 2 x lebar kolam.
¡    Siswa menutup kegiatan dengan bersyukur bahwa hari ini telah bersenang-senang bermain air.  (Mengkomunikasikan)

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Kolam
¡  Papan luncur  

G.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.   Tes tertulis latihan di buku siswa
2.   Unjuk kerja membaca berita cuaca

Rubrik Kegiatan Membaca Berita Cuaca
No
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Kemampuan membaca berita
Memenuhi tiga aspek:
Membaca informasi  dengan lengkap  Intonasi tepat  Mimik dan gerak yang tepat
Memenuhi dua aspek
Memenuhi satu aspek
Belum mampu memenuhi semua aspek
2
Kepercayaan diri
Tidak terlihat ragu-ragu
Terlihat ragu-ragu
Memerlukan bantuan guru
Belum menunjukkan keberanian membaca berita

3.   Observasi kegiatan meluncur

Lembar Pengamatan Kegiatan Meluncur
No.
Kriteria
Terlihat (ü)
Belum Terlihat (ü)
1
Kemampuan melakukan gerakan sesuai aba-aba
....
....
2
Keberanian dalam meluncur
....
....
3
Semangat mengikuti kegiatan meluncur
....
....

Kerja sama dengan orang tua:
Siswa diingatkan untuk membawa kardus bekas untuk pertemuan selanjutnya.

Mengetahui
Kepala SDN ....




....
NIP. ....

.... ,                       2018
Guru Kelas 1




....
NIP. ...
selengkapnya disini
Advertisemen