Advertisemen
Gudang RPP Kurikulum 2013 - Bapak/Ibu guru pengunjung blog Gudang RPP K13, berikut kami sajikan mengenai RPP K13 Tema 8 sub tema 1, sub tema 2, sub tema 3 dan sub tema 4 Kelas 1 SD Tahun 2018.
Adapun RPP K13 Tema 8 Kelas 1 SD Tahun 2018 yang bisa anda jadikan referensi dalam penyusunan, namun yang kami sajikan di bawah ini hanyalah sebuah contoh silahkan Bapak/Ibu kembangkan atau tambahkan serta sesuaikan sendiri dengan keadaan di sekolah anda.
Adapun RPP K13 Tema 8 Kelas 1 SD Tahun 2018 yang bisa anda jadikan referensi dalam penyusunan, namun yang kami sajikan di bawah ini hanyalah sebuah contoh silahkan Bapak/Ibu kembangkan atau tambahkan serta sesuaikan sendiri dengan keadaan di sekolah anda.
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN ...
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 8 : Peristiwa Alam
Sub Tema 1 : Cuaca
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan gambar gambar/benda konkret
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
SBDP
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡ Mengidentifikasi peristiwa siang
dan malam (cuaca cerah dan hujan) secara lisan
¡ Mengelompokkan kosakata tentang
peristiwa siang dan malam (cuaca hujan dan cuaca cerah)
Matematika
¡ Mengenal pola bilangan
¡ Melengkapi pola bilangan
¡ Membuat pola bilangan
SBDP
¡ Membedakan warna cerah dan tidak
cerah
¡ Mewarnai gambar menggunakan warna
cerah dan tidak cerah
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengenal Cuaca Hujan, Berawan,
Mendung, Dan Cerah
¡ Membaca Cerita Mengenai Cuaca Cerah
pada Siang dan Malam Hari
¡ Mengenal Pola Bilangan 50-75
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peristiwa Alam”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡
Siswa bersama
guru bernyanyi lagu Tik-Tik Bunyi Hujan
ciptaan Ibu Sud.
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang cuaca. Cuaca adalah keadaan udara di suatu tempat pada waktu
tertentu. Indonesia adalah negara yang memiliki dua
musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Indonesia memiliki empat cuaca, yaitu
cuaca cerah, cuaca berawan, cuaca mendung dan cuaca hujan. Cuaca cerah adalah cuaca saat langit terang dan matahari
bersinar tidak terlalu panas. Cuaca berawan adalah saat di langit banyak awan
dan angin bertiup. Cuaca mendung adalah saat langit berawan hitam dan
angin bertiup lebih kencang. Cuaca hujan adalah saat hujan
turun dan matahari hampir tidak bersinar. (Mengamati)
¡
Siswa mengamati puisi cuaca cerah
dan cuaca hujan yang tertera di buku siswa.
¡
Siswa menyimak guru membaca puisi
dengan intonasi yang benar.
¡
Siswa secara bersamaan membaca
puisi. (Mengasosiasi)
¡
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. (Mengekplorasi)
¡
Setiap kelompok membaca puisi secara
bergantian.
¡
Siswa secara berkelompok berdiskusi
mengenai perbedaan kedua puisi tersebut serta menjawab pertanyaan di buku siswa.
¡
Setiap kelompok diminta
maju ke depan kelas untuk menceritakan hasil diskusinya mengenai ciri-ciri
cuaca cerah dan cuaca hujan. (Mengkomunikasikan)
¡
Siswa diajak bermain menebak kata
mengenai cuaca cerah dan hujan.
¡
Guru menyiapkan empat lingkaran yang
dibuat di halaman sekolah. Keempat lingkaran tersebut dibuat berseberangan. Dua
lingkaran masing-masing bertuliskan hujan dan cerah. Sementara dua lingkaran
di seberangnya masing masing berisi 10 kartu dengan warna berbeda (merah dan
biru). Setiap kartu bertuliskan 1 kata yang berhubungan dengan cuaca cerah
dan cuaca hujan (misalkan basah, hangat, langit terang, angin sepoi, angin
kencang, dingin, jas hujan, payung, hujan, langit gelap, langit biru, dan
lain lain). (Mengekplorasi)
¡
Setiap kelompok diminta menentukan
urutan pemain pertama, kedua, dan seterusnya.
¡
Pemain pertama dari kelompok pertama
dan kelompok kedua akan mengambil satu kartu kata dan berlari ke lingkaran di
seberangnya serta meletakkan kartu kata tersebut sesuai dengan cuaca yang
cocok (misalkan meletakkan kartu kata basah di lingkaran hujan).
¡
Kegiatan yang sama dilakukan pemain
kedua, ketiga, dan seterusnya pada kelompok satu dan dua.
¡
Jika kelompok pertama dan kedua
telah selesai, permainan dilanjutkan untuk kelompok ketiga dan keempat.
¡
Selama menunggu giliran bermain,
siswa lainnya dengan tertib menunggu sambil memberikan semangat kepada temannya
yang sedang bermain. (Mengasosiasi)
¡
Guru melakukan perhitungan skor.
Perhitungan skor ditentukan dengan banyaknya kartu kata yang tepat diletakkan
sesuai lingkaran. Pemain yang tepat meletakkan kartu kata akan mendapatkan
skor 5.
¡
Kelompok dengan skor tertinggi adalah pemenangnya. Guru
mengumumkan pemenang permainan.
¡
Siswa bersama guru menutup kegiatan dengan menyampaikan rasa
syukur bahwa Tuhan telah menciptakan bumi lengkap dengan cuaca cerah dan
hujan sehingga makhluk hidup dapat nyaman tinggal di bumi dan manusia dapat
melakukan banyak aktivitas. (Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Kegiatan diawali dengan menjawab pertanyaan
guru. (Menanya)
- Bagaimana perasaanmu saat cuaca cerah?
- Apa
yang kamu lakukan saat malam cerah?
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru
bahwa saat siang hari cuaca cerah langit berwarna biru, angin bertiup pelan, dan
sinar matahari terasa hangat. Kita dapat mengamati burung-burung terbang.
Sementara pada malam hari yang cerah, kita dapat memandang ke langit yang
bertaburan bintang. Bintang-bintang terlihat sangat indah dan udara malam pun
sejuk. (Mengamati)
¡
Siswa diminta membaca dua paragraf
cerita pendek tentang cuaca cerah pada siang hari dan cuaca cerah pada malam
hari yang ada pada buku siswa.
¡
Siswa menuliskan perbedaan dari
kedua paragraf tersebut di buku siswa.
(Mengekplorasi)
¡
Jawaban diarahkan untuk menemukan
perbedaan warna pada kedua cerita pendek tersebut.
¡
Siswa diminta mengamati dua gambar
di buku siswa.
¡
Siswa mewarnai kedua gambar dengan
warna yang sesuai. Warna-warna cerah digunakan untuk gambar suasana siang dan warna-warna tidak cerah digunakan untuk gambar suasana
malam. (Mengasosiasi)
¡
Setelah mewarnai, siswa diminta
mengamati pola bilangan dalam bentuk gambar. Siswa menghitung dan melengkapi pola
bilangan. (Mengamati)
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa pola bilangan dapat
dilengkapi dengan cara melakukan penjumlahan bilangan dua. Contoh:
2 + 2 = 4
4 + 2 = 6
6 + 2 = 8
atau
1 + 2 = 3
3 + 2 = 5
5 + 2 = 7
¡
Siswa melengkapi pola bilangan dengan kisaran bilangan 50
sampai 75. Guru dapat memberikan arahan. Jika siswa belum
selesai, latihan dapat dilanjutkan di rumah.
(Mengasosiasi)
¡
Siswa membuat pola bilangan dengan
menyusun gambar benda-benda langit.
¡
Siswa dan guru menutup kegiatan
dengan rasa syukur atas karunia Tuhan. Cuaca cerah dan cuaca hujan adalah karunia
Tuhan. (Mengkomunikasikan)
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa
Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
¡ Cerita pendek
G. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis latihan di buku siswa
2. Unjuk kerja mengelompokkan kata
Rubrik Penilaian Kegiatan Mengelompokkan Kata
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bim-bingan (1)
|
1
|
Kemampuan mengelompokkan kata
|
Mengelompokkan 10 kata dengan tepat
|
Mengelompokkan 8-9 kata dengan tepat
|
Mengelompokkan 6-7 kata dengan tepat
|
Mengelompokkan 5 kata atau kurang
dengan tepat
|
2
|
Kerja sama kelompok
|
Seluruh anggota kelompok terlihat
aktif dan saling mendukung
|
Setengah atau lebih anggota kelompok
terlihat aktif dan saling mendukung
|
Setengah atau kurang anggota
kelompok terlihat aktif dan saling mendukung
|
Seluruh anggota kelompok terlihat
pasif
|
3. Unjuk kerja mewarnai
Rubrik Penilaian Kegiatan Mewarnai
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bim-bingan (1)
|
1
|
Kemampuan mewarnai
|
Memenuhi empat aspek (teknik
penarikan garis warna searah, warna menutupi seluruh objek gambar,
menunjukkan kemampuan gradasi warna, dan hasil kerja rapi)
|
Hanya memenuhi tiga dari empat aspek
|
Hanya memenuhi dua dari empat aspek
|
Hanya memenuhi satu aspek
|
2
|
Ketepatan waktu menyelesaikan
kegiatan mewarnai
|
Lebih cepat dari waktu yang
disediakan
|
Tepat waktu
|
Terlambat maksimal lima menit
|
Terlambat lebih dari lima menit
|
Tema 8 : Peristiwa Alam
Sub Tema 1 : Cuaca
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan
kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.5 Membuat teks diagram label tentang anggota keluarga dan kerabat
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan
sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu sila
Pancasila
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡ Mengidentifikasi komponen tabel
secara lisan
¡ Mencocokkan simbol
¡ Membuat tabel
PPKn
¡ Menyebutkan simbol dan bunyi sila
ketiga
¡ Mengidentifikasi gotongroyong
sebagai perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
¡ Melaksanakan gotongroyong
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengamati Tabel Cuaca
¡ Membersihkan Sekolah Secara
Bergotong Royong
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peristiwa Alam”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡
Kegiatan diawali dengan siswa
mendengarkan guru bercerita tentang kondisi cuaca kemarin dan hari ini. Guru juga
menyampaikan dugaannya terhadap kondisi cuaca malam hari. Siswa diminta
bertanya mengenai mengapa cuaca berubah-ubah. Pertanyakan
ditujukan kepada guru atau siswa lainnya. (Mengamati)
¡
Siswa dibagi menjadi
lima kelompok. Setiap kelompok akan mendapatkan satu tabel yang berisi
perbedaan cuaca dalam lima hari.
¡
Siswa mendiskusikan jawaban dan
mencatat jawaban di buku siswa. (Mengekplorasi)
¡
Siswa mengamati gambar simbol cuaca
di buku siswa. (Mengamati)
¡
Siswa diminta untuk mendiskusikan
arti simbol yang diberikan.
(Mengekplorasi)
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru
bahwa setiap cuaca memiliki simbol masing-masing. (Mengamati)
¡
Siswa diminta keluar kelas untuk
memperhatikan cuaca di sekitar sekolah.
¡
Siswa mendiskusikan hasil
pengamatan tentang cuaca di sekitar sekolah.
(Mengekplorasi)
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru
mengenai proyek pengamatan cuaca dalam lima hari. (Mengamati)
¡
Siswa diminta untuk mengerjakan
proyek pengamatan cuaca dalam lima hari.
(Mengasosiasi)
¡
Siswa mengisi tabel cuaca harian
dengan simbol cuaca. (Mengasosiasi)
¡
Sebagai penutup kegiatan, guru dan siswa
mengucapkan rasa syukur bahwa dengan beragam cuaca yang kita alami dapat
membantu banyak kegiatan manusia. (Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Kegiatan diawali dengan
mendengarkan cerita pendek yang dibacakan guru. (Mengamati)
¡
Siswa mendengarkan dan menyimak
cerita tersebut.
¡
Setelah siswa mendengarkan cerita,
guru menjelaskan bahwa gotong-royong adalah perilaku yang baik. Gotong-royong
berarti melakukan kegiatan bersama-sama, berbagi tugas untuk kepentingan
bersama. Dengan bergotong-royong, pekerjaan akan lebih mudah dilakukan dan dapat memperkuat kekeluargaan. Gotong-royong termasuk
perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Sila
ketiga Pancasila adalah Persatuan Indonesia. Lambangnya adalah pohon
beringin.
¡
Siswa mengamati
gambar lambang sila ketiga Pancasila.
¡
Siswa dibagi menjadi lima
kelompok. (Mengekplorasi)
¡
Setiap kelompok berdiskusi untuk
membuat rencana kegiatan gotong-royong membersihkan lingkungan sekolah.
¡
Setelah menyusun rencana, setiap
kelompok melakukan gotong-royong.
¡
Setelah gotong-royong, siswa kembali
ke kelas untuk menuliskan refleksi diri mengenai anfaat gotong-royong. Siswa
mendapat arahan guru untuk menuliskan refleksi diri. (Mengkomunikasikan)
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa
Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
¡ Tabel cuaca dalam lima hari
¡ Kartu simbol cuaca
¡ Cerita pendek
¡ Sapu ijuk, sapu lidi, pengki, lap
G. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis di buku latihan siswa
2. Unjuk kerja kegiatan pengamatan cuaca
Rubrik Penilaian Proyek Pengamatan Cuaca
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bim-bingan (1)
|
1
|
Ketepatan mengisi tabel pengamatan
|
Seluruh tabel pengamatan diisi
dengan tepat
|
Setengah atau lebih tabel pengamatan
diisi dengan tepat
|
Kurang dari setengah tabel
pengamatan diisi dengan tepat
|
Belum mampu mengisi tabel
|
2
|
Ketepatan waktu menyelesaikan proyek
|
Lebih awal dari waktu yang
ditentukan
|
Tepat waktu
|
Terlambat satu hari dari waktu yang
ditentukan
|
Terlambat dua hari dari waktu yang
ditentukan
|
4. Observasi kegiatan bergotong-royong
Lembar Pengamatan Kegiatan Bergotong-royong
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( ü )
|
Belum Terlihat ( ü )
|
1
|
Kemampuan melakukan pembagian tugas
|
....
|
....
|
2
|
Kemampuan melaksanakan gotong-royong
|
....
|
....
|
3
|
Semangat mengikuti kegiatan
gotong-royong
|
....
|
....
|
Tema 8 : Peristiwa Alam
Sub Tema 1 : Cuaca
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK
3.4 Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam
rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau
tradisional
4.4 Mempraktikkan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk
melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhana dan atau
tradisional
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡ Mengidentifikasi cerita berdasarkan
urutan gambar
¡ Melengkapi kalimat sesuai gambar
¡ Menyusun gambar sesuai cerita
PJOK
¡ Mengidentifikasi cara bermain
egrang
¡ Mempraktikkan permainan egrang
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Membuat Cerita Bergambar Tentang
Aktivitas saat Cuaca Hujan
¡ Bermain Egrang saat Cuaca Cerah
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peristiwa Alam”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡
Kegiatan diawali dengan siswa
bermain tebak peran. (Mengekplorasi)
¡
Satu orang siswa diminta untuk
mendekat ke guru. Guru membisikkan jenis permainan yang akan diperagakan siswa
di depan teman-temannya. Jenis permainan yang diperagakan adalah yang dapat
dilakukan pada cuaca hujan, seperti bermain congklak, bermain petak umpet di dalam
rumah, dan bermain egrang saat hujan reda.
¡
Siswa tersebut memperagakan
permainan yang dimaksud sementara teman-temannya memperhatikan. (Mengekplorasi)
¡
Siswa lain diberi kesempatan
untuk menebak jenis permainan yang dimaksud.
¡
Usahakan semua siswa mendapatkan
giliran untuk bermain.
¡
Siswa diminta melengkapi kalimat
berdasarkan gambar yang diamati.
¡
Setelah selesai melengkapi kalimat,
siswa diminta untuk menyusun gambar sehingga berbentuk cerita
berseri. (Mengasosiasi)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Pada awal kegiatan, siswa mendengar penjelasan guru bahwa
cuaca cerah adalah waktu yang menyenangkan untuk bermain egrang. Egrang dapat
membantu melatih keseimbangan dan ketekunan siswa. Egrang terbuat dari sepasang
bambu berukuran kira-kira 120 cm. Di setiap bambu ada pijakan kaki. Cara
membuat pijakan kaki adalah bambu dilubangi pada jarak 20 cm dari pangkalnya.
lalu, bambu berukuran 20-30 cm dimasukkan ke lubang dan diikat dengan tali. (Mengamati)
¡
Siswa dibagi menjadi empat
kelompok. (Mengasosiasi)
¡
Setiap kelompok siswa mendapatkan 1
pasang egrang.
¡
Siswa mengamati cara guru bermain
egrang.
¡
Siswa meniru guru cara bermain
egrang.
¡
Siswa bergiliran berjalan dengan
menggunakan egrang. Siswa dapat mencoba sebanyak lima langkah terlebih dahulu.
¡
Siswa berjalan dengan egrang
sebanyak sepuluh langkah.
¡
Siswa berjalan menggunakan egrang
dengan jarak yang telah ditentukan guru.
¡
Setelah siswa bermain egrang, guru
menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa saat menggunakan egrang. Guru menanyakan apakah kita dapat berlari atau melompat dengan
egrang? Siswa bersama guru bersyukur karena Tuhan menciptakan kaki untuk
kita. (Mengkomunikasikan)
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa
Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
¡ Egrang
G. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis latihan di buku siswa
2. Observasi bermain egrang
Lembar Pengamatan Kegiatan
Bermain Egrang
Kriteria
|
Terlihat ( ü )
|
Belum Terlihat ( ü )
|
Kemampuan menjaga keseimbangan tubuh
dengan baik
|
....
|
....
|
Kemampuan berjalan dengan
menggunakan egrang
|
....
|
....
|
Kemampuan berdiri dengan menggunakan
egrang
|
....
|
....
|
Sub Tema 1 : Cuaca
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
SBDP
3.3 Mengenal
unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam
menari
4.11 Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar dengan menggunakan
level tinggi, sedang, dan rendah
Matematika
3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan gambar-gambar/benda konkret
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
SBDP
¡ Membedakan gerak angin
¡ Mempraktikkan gerakan menirukan
gerakan pohon tertiup angin
Matematika
¡ Memperkirakan pola bilangan
¡ Membuat pola bilangan (80-91)
Bahasa Indonesia
¡ Mengidentikasi angin
¡ Mengamati pergerakan angin
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengenal Kegiatan pada Cuaca
Berawan
¡ Menirukan Gerak Alam, yaitu Gerak
Angin
¡ Mengenal Pola Bilangan 76-99
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peristiwa Alam”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡
Kegiatan diawali dengan siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai angin. Angin adalah udara yang
bergerak. Pada cuaca cerah, mendung dan hujan ada angin yang bertiup. Angin
sepoi atau angin yang pelan terjadi pada cuaca cerah, angin yang bertiup
sedang terjadi pada cuaca mendung, sementara angin kencang terjadi saat cuaca
hujan. (Mengamati)
¡
Siswa mengamati gambar layang-layang
dan kincir angin.
¡
Setelah mengamati gambar, siswa
dibagi menjadi empat kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu layang-layang
dan dua kincir angin yang telah disediakan guru.
¡
Setiap kelompok bermain
layang-layang dan kincir angin. (Mengasosiasi)
¡
Setelah bermain, siswa berdiskusi
untuk menjawab pertanyaan berikut: (Menanya)
- Mengapa
layang-layang dapat terbang?
- Mengapa
kincir angin dapat berputar?
¡
Siswa menuliskan hasil diskusi di
buku siswa. (Mengkomunikasikan)
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai manfaat
angin. Angin bermanfaat untuk banyak kegiatan manusia, di antaranya saat
mengeringkan pakaian, perahu berlayar, bermain layang-layang, hingga
menggerakkan kincir angin. (Mengamati)
¡
Siswa mengamati gambar benda-benda
yang tertiup angin. Siswa diminta melanjutkan pola bilangan yang terdapat
pada benda-benda tersebut.
¡
Setelah melanjutkan pola bilangan,
siswa membuat pola bilangan dengan menggunakan gambar layang-layang dan kincir angin.
¡
Siswa membuat pola bilangan dari
urutan bilangan terkecil.
(Mengekplorasi)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa bermain
di luar kelas mengikuti gerakan alam adalah hal yang menyenangkan. Salah
satunya adalah gerakan angin. Siswa telah mengidentifikasi tiga jenis angin
berdasarkan kecepatan. Sekarang saatnya menirukan gerakan angin. (Mengamati)
¡
Siswa membuat barisan di lapangan.
Siswa memilih tempat yang tidak basah atau berbahaya. (Mengekplorasi)
¡
Siswa
melakukan gerakan seperti yang dicontohkan guru. (Mengasosiasi)
a. Gerakan pohon
tertiup angin sepoi
Siswa berdiri
tegak.
Badan bergerak pelan ke kanan dan ke kiri.
b. Gerakan pohon
tertiup angin sedang.
Siswa berdiri tegak.
Kedua tangan diangkat ke atas.
Ayunkan tangan ke kanan dan ke kiri.
c. Gerakan pohon
tertiup angin kencang.
Siswa berdiri
tegak.
Kedua tangan
diangkat ke atas.
Ayunkan tangan
ke kanan dan ke kiri. Lakukan gerakan dengan cepat.
¡
Siswa melakukan gerakan sesuai
dengan aba-aba guru. (Mengasosiasi)
¡
Guru dapat melakukan variasi gerakan
dan aba-aba.
¡
Siswa melakukan gerakan
bersama-sama.
¡
Permainan gerakan dapat diiringi
oleh musik.
¡
Siswa diberi
kesempatan untuk menciptakan gerakan mengikuti gerakan alam. (Mengekplorasi)
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa
Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
¡ Layang-layang
¡ Kincir angin
¡ Musik instrumen
G. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis latihan di buku siswa
2. Observasi permainan menirukan gerakan angin
Lembar Pengamatan Permainan Menirukan
Gerakan Angin
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( ü )
|
Belum Terlihat ( ü )
|
1
|
Kemampuan
melakukan gerakan angin sepoi
|
....
|
....
|
2
|
Kemampuan
melakukan gerakan angin sedang
|
....
|
....
|
3
|
Kemampuan
melakukan gerakan angin kencang
|
....
|
....
|
4
|
Semangat menirukan
gerakan angin
|
||
5
|
Variasi
gerakan
|
Tema 8 : Peristiwa Alam
Sub Tema 1 : Cuaca
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan
sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila
Pancasila
Matematika
3.4 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju
sampai 100 dan mundur dari 20
4.4 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan
aktivitas sehari-hari, serta memeriksa kebenarannya
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan
pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
¡ Menyebutkan simbol dan bunyi sila
kedua
¡ Menceritakan perilaku yang tepat
sesuai sila kedua Pancasila
Matematika
¡ Mengidentifikasi cara menyelesaikan
soal cerita
¡ Menyelesaikan soal cerita tentang
besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur sampai 20
Bahasa Indonesia
¡ Mengidentifikasi perlengkapan yang
digunakan di berbagai cuaca
¡ Mengelompokkan perlengkapan yang
diperlukan untuk berbagai cuaca
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Memilih Perlengkapan yang Tepat
untuk Berbagai Cuaca
¡ Mengamati Perilaku yang Tepat di
Lingkungan Sekolah dan Rumah
¡ Menyelesaikan Soal Cerita Tentang
Berhitung Maju atau Mundur
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peristiwa Alam”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡
Kegiatan diawali dengan siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai perlengkapan yang dibutuhkan di
berbagai cuaca. Perlengkapan seperti pakaian harus disesuaikan dengan cuaca.
Saat cuaca hujan, kita memerlukan payung dan jas hujan. Sebagai penjelasan
tambahan, guru dapat menjelaskan bahwa sebaiknya saat cuaca cerah kita
menggunakan pakaian berwarna terang. Sementara itu, pakaian warna gelap
digunakan saat cuaca mendung. Pakaian warna gelap jika digunakan saat cuaca
cerah akan menyerap panas sehingga kita akan merasa kepanasan. (Mengamati)
¡
Guru bertanya kepada siswa, jenis
bahan apakah yang cocok digunakan untuk cuaca hujan? (Menanya)
¡
Siswa menjawab pertanyaan guru
dengan melakukan percobaan menentukan jenis bahan sesuai cuaca
hujan.
¡
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. (Mengekplorasi)
¡
Setiap kelompok memperoleh alat-alat
untuk melakukan percobaan, yaitu plastik, kertas tisu, kertas koran, kertas
karton, dan segelas air.
¡
Siswa diminta untuk menuangkan
segelas air pada setiap bahan. Sebelumnya, minta siswa untuk
menduga apa bahan yang tidak hancur setelah dituangkan air.
¡
Siswa melengkapi tabel hasil percobaan
di buku siswa. (Mengasosiasi)
¡
Siswa membaca dengan nyaring soal
cerita tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur sampai
20.
¡
Siswa mengklasifikasi gambar
benda-benda sesuai dengan pemakaiannya di berbagai musim. (Mengasosiasi)
¡
Sebagai tugas di rumah, siswa
diminta mendata perlengkapan yang digunakannya di segala kondisi cuaca. Tugas
ini dapat disesuaikan dengan daerah asal siswa.
(Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Siswa mengawali kegiatan dengan menjawab pertanyaan guru.
(Menanya)
-
Apa yang akan kamu lakukan jika
cuaca hujan?
-
Apa yang akan kamu lakukan jika
saat hujan temanmu tidak membawa payung?
¡
Siswa mengamati gambar. (Mengamati)
¡
Siswa melanjutkan gambar dengan cara
menghubungkan titik-titik. (Mengasosiasi)
¡
Siswa mengamati gambar mengenai
perilaku yang tepat dan tidak tepat. (Mengamati)
¡
Siswa melingkari gambar perilaku
yang tepat dengan warna merah. (Mengasosiasi)
¡
Siswa melingkari gambar perilaku
yang tidak tepat dengan warna cokleat.
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang pentingnya perilaku yang baik, yaitu tolong-menolong. Menolong orang
lain selain dapat membantu mengatasi kesulitan juga membuat kita senang.
Salah satu perilaku baik saat cuaca hujan adalah
meminjamkan payung kepada teman yang tidak membawa payung. Sifat
senang menolong termasuk sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Sila
kedua Pancasila berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Lambang sila
kedua adalah rantai. (Mengamati)
¡
Sebagai tugas di rumah, siswa
mengisi tabel perilaku baik selama satu minggu. (Mengasosiasi)
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa
Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
¡ Kertas tisu
¡ Kertas karton
¡ Kertas koran
¡ Plastik
G. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes
tertulis latihan di buku siswa
2. Unjuk
kerja pengamatan perilaku baik
Rubrik Penilaian Proyek Pengamatan Perilaku Baik
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Jumlah
pengisian daftar perilaku baik dalam tabel
|
Tabel terisi
untuk tujuh hari
|
Tabel terisi
untuk enam hari
|
Tabel terisi
untuk lima
|
Tabel terisi
untuk empat hari atau kurang
|
2
|
Ketepatan
waktu penyelesaian tugas
|
Lebih awal
dari waktu yang ditentukan
|
Tepat waktu
|
Terlambat satu
hari dari waktu yang ditentukan
|
Terlambat dua
hari atau lebih dari waktu yang ditentukan
|
Tema 8 : Peristiwa Alam
Sub Tema 1 : Cuaca
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK
3.7 Mengetahui perbedaan bergerak di air dan di darat dalam
aktivitas air
4.7 Mempraktikkan berbagai bentuk permainan pengenalan air
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡ Memberikan contoh kegiatan yang
sesuai dengan cuaca
¡ Melengkapi kalimat mengenai
kegiatan di berbagai cuaca
¡ Mendemonstrasikan profesi pembawa
berita cuaca
PJOK
¡ Mengidentifikasikan cara gerak
meluncur di dalam kolam dengan papan luncur
¡ Mempraktikkan gerak meluncur di
dalam kolam dengan papan luncur
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Manfaat Berbagai Cuaca untuk
Kegiatan Manusia
¡ Bermain Air saat Cuaca Cerah
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peristiwa Alam”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡
Kegiatan diawali dengan siswa
menjawab pertanyaan guru tentang apakah mereka pernah mendengarkan laporan
cuaca di televisi atau radio. (Menanya)
¡
Guru menyampaikan bahwa orang yang
membaca laporan cuaca disebut pembawa acara atau reporter. Guru menyampaikan
bahwa siswa hari ini akan menjadi reporter cuaca. (Mengamati)
¡
Siswa diminta untuk keluar kelas dan
mengamati cuaca di sekitar sekolah dan menjawab pertanyaan di buku siswa.
¡
Setelah masuk kelas, siswa diminta
berdiskusi mengenai keadaan cuaca pada saat itu. (Mengasosiasi)
¡
Siswa diminta
melengkapi kalimat pada paragraf yang tersedia di buku siswa. (Mengekplorasi)
¡
Siswa diminta bermain peran menjadi
pembawa berita cuaca dengan membaca paragraf yang telah dilengkapi.
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru
mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan sesuai dengan cuaca yang tepat. (Mengamati)
¡
Siswa mengamati gambar di buku
siswa.
¡
Siswa mengklasifikasi pekerjaan atau
kegiatan sesuai dengan cuaca. (Mengasosiasi)
¡
Guru menutup kegiatan dengan
mengajak siswa bersyukur bahwa dengan berbagai cuaca akan membantu pekerjaan
dan kegiatan manusia. (Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa
bermain air tidak hanya menyehatkan, tetapi juga membuat suasana hati
gembira. (Mengamati)
¡
Siswa diminta untuk meluncur dengan
bantuan guru. (Mengekplorasi)
¡
Siswa meluncur dengan memegang
tangan guru yang bergerak mundur.
¡
Siswa meluncur dengan papan luncur.
¡
Siswa meluncur 2 x lebar kolam.
¡
Siswa menutup kegiatan
dengan bersyukur bahwa hari ini telah bersenang-senang bermain air. (Mengkomunikasikan)
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa
Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
¡ Kolam
¡ Papan luncur
G. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes
tertulis latihan di buku siswa
2. Unjuk
kerja membaca berita cuaca
Rubrik Kegiatan Membaca Berita Cuaca
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Kemampuan
membaca berita
|
Memenuhi
tiga aspek:
Membaca
informasi dengan lengkap Intonasi tepat Mimik dan gerak yang tepat
|
Memenuhi dua
aspek
|
Memenuhi
satu aspek
|
Belum mampu memenuhi semua aspek
|
2
|
Kepercayaan
diri
|
Tidak
terlihat ragu-ragu
|
Terlihat
ragu-ragu
|
Memerlukan
bantuan guru
|
Belum
menunjukkan keberanian membaca berita
|
3. Observasi
kegiatan meluncur
Lembar Pengamatan Kegiatan Meluncur
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (ü)
|
Belum
Terlihat (ü)
|
1
|
Kemampuan
melakukan gerakan sesuai aba-aba
|
....
|
....
|
2
|
Keberanian
dalam meluncur
|
....
|
....
|
3
|
Semangat
mengikuti kegiatan meluncur
|
....
|
....
|
Kerja sama
dengan orang tua:
Siswa
diingatkan untuk membawa kardus bekas untuk pertemuan selanjutnya.
Mengetahui
Kepala SDN ....
....
NIP. ....
|
.... , 2018
Guru Kelas 1
....
|
Add Comments