-->

KKM Matematika untuk Kelas 6 SD Tahun Pelajaran 2018/2019

Advertisemen
Pusat Administrasi Guru - Bapak/ibu guru pengujung blog Gudang RPP K13 Revisi Terbaru, berikut kami sajikan KKM Matematika untuk Kelas 6 SD Tahun Pelajaran 2018/2019.

Nah, berikut sekedar referensi penyusunan KKM Matematika untuk Kelas 6 SD Tahun Pelajaran 2018/2019

PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM



Nama Sekolah          :                                                                                             Kelas/semester       : VI (Enam) 1 (Satu)
Mata Pelajaran          :  Matematika                                                                      Tahun Pelajaran     : 2018/2019

            STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan Konsep
Pemecahan Masalah
BILANGAN
1.          Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah







1.1       Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan KPK
-        Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
-        Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih
-        Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan KPK dua bilangan atau lebih
-        Memecahkan soal cerita yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi hitung







1.2       Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik.
-        Menguraikan arti dari bilangan pangkat tiga
-        Menentukan hasil akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
-        Membedakan bilangan kubik dengan bukan bilangan kubik







1.3       Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat.
-        Menentukan luas permukaan bangun datar persegi
-        Menghitung volume bangun ruang kubus
-        Mengerjakan dengan teliti soal cerita yang berhubungan dengan akar dan pangkat







             RATA-RATA            







 RATA-RATA KESELURUHAN 







              
           
Mengetahui,
Kepala SD / MI



( ................................... )

............................., ...........
Guru Mapel Matematika.



( ................................... )




PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM



Nama Sekolah          :                                                                                 Kelas/semester       : VI (Enam) 1 (Satu)
Mata Pelajaran          :  Matematika                                                          Tahun Pelajaran     : 2018/2019

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan Konsep
Pemecahan Masalah
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
2.          Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah.







2.1.     Mengenal satuan debit.
-        Menentukan hubungan antar satuan waktu volume dan debit
-        Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan pengukuran
-        Menghitung volume air yang tertampung dalam waktu tertentu







2.2.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
-        Menghitung debit air dalam waktu yang ditentukan
-        Mengubah satuan debit dari m3/detik menjadi cm3/detik atau sebaliknya
-        Mengerjakan dengan teliti soal cerita yang berkaitan dengan debit dalam kehidupan sehari-hari







RATA-RATA







 RATA-RATA KESELURUHAN 












Mengetahui,
Kepala SD / MI



( ................................... )

............................., ...........
Guru Mapel Matematika.



( ................................... )










PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM


Nama Sekolah          :                                                                                             Kelas/semester       : VI (Enam) 1 (Satu)
Mata Pelajaran          :  Matematika                                                                      Tahun Pelajaran     : 2018/2019

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan Konsep
Pemecahan Masalah
Geometri dan Pengukuran
3.          Menghitung luas segibanyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga.







3.1.     Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
-        Menggunakan rumus untuk menghitung luas berbagai bangun datar
-        Mencari isi persegi yang luasnya sama dengan luas persegi panjang
-        Menghitung luas bangun gabungan persegi dan segi tiga







3.2.     Menghitung luas lingkaran.
-        Mempergunakan rumus untuk mencari luas lingkaran
-        Menentukan panjang jari-jari jika diketahui luas lingkaran-nya
-        Membandingkan luas dua buah lingkaran







3.3.     Menghitung volume prisma segitiga dan tabung.
-        Menggunakan rumus untuk mencari volume prisma segitiga
-        Menghitung volume tabung jika diketahui luas dan tingginya
-        Menghitung volume tabung lingkaran jika diketahui panjang dan diameternya







 RATA-RATA 







 RATA-RATA KESELURUHAN 










Mengetahui,
Kepala SD / MI



( ................................... )

............................., ...........
Guru Mapel Matematika.



( ................................... )




PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM



Nama Sekolah          :                                                                                             Kelas/semester       : VI (Enam) 1 (Satu)
Mata Pelajaran          :  Matematika                                                                      Tahun Pelajaran     : 2018/2019

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan Konsep
Pemecahan Masalah
PENGOLAHAN DATA
4.          Mengumpulkan dan pengelolaan data







4.1.     Mengumpulkan dan membaca data.
-        Mengumpulkan data dengan pencatatan langsung pada lembar isian
-        Mengurutkan data mulai dari yang terkecil ke besar atau sebaliknya
-        Membaca data yang telah disusun







4.2.     Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel.
-        Menenetukan frekuensi, modus, median rata-rata dan jumlah
-        Menyajikan data dalam bentuk tabel
-        Mengubah tabel menjadi diagram garis, batang dan lingkaran







4.3.     Menafsirkan sajian data
-        Menghitung jumlah populasi yang ditampilkan oleh sebuah diagram
-        Menentukan selisih sebuah data dengan data-data yang lain
-        Menafsirkan prosentase suatu data yang ditampilkan oleh sebuah diagram
-        Mengubah diagram menjadi diagram yang lainnya
-        Mengubah diagram data dari bentuk diagram batang dan garis menjadi bentuk sajian diagram lingkaran atau sebaliknya







RATA-RATA







RATA-RATA KESELURUHAN









Mengetahui,
Kepala SD / MI



( ................................... )

............................., ...........
Guru Mapel Matematika.



( ................................... )



Untuk melihat KKM Matematika untuk Kelas 6 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 semester 2 silahkan anda klik disini


Demikian Gudang RPP K13 terbaru tentang KKM Matematika untuk Kelas 6 SD Tahun Pelajaran 2018/2019
Advertisemen