-->

RPP K13 Tema 5 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019

Advertisemen
Gudang RPP Kurikulum 2013 - Bapak/Ibu guru pengunjung blog Gudang RPP K13, berikut kami sajikan mengenai RPP K13 Tema 5 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019.

Adapun RPP K13 Tema 5 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 yang bisa anda jadikan referensi dalam penyusunan, namun yang kami sajikan di bawah ini hanyalah sebuah contoh  silahkan Bapak/Ibu kembangkan atau tambahkan serta sesuaikan sendiri  dengan keadaan di sekolah anda.

RPP K13 Tema 5 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 :

PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :   SDN ....
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 5                             :   Pengalamanku
Sub Tema 1                      :   Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran                  :   1
Alokasi Waktu                 :   5 x 35 menit


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4       Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4       Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.4.1    Mendengarkan cerita guru tentang pengalaman masa kecil
4.4.1    Menceritakan secara lisan peristiwa masa kecil yang diingatnya

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
Indikator
3.1.1    Menirukan sila-sila dalam Pancasila yang dibacakan oleh guru
4.1.1    Memasangkan simbolsimbol sila Pancasila dengan sila-sila pada Pancasila

SBDP
Kompetensi Dasar (KD)
3.2       Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis
4.8       Memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dan tiga dengan alat musik ritmis
Indikator
3.2.1    Membedakan pola irama lagu menggunakan alat musik ritmis
4.8.1    Mengikuti irama lagu bertanda birama dua dengan menggunakan alat musik ritmis

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Masa Kecil yang Menyenangkan
¡  Pengalaman Menyanyikan Lagu Hari Merdeka

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPengalamanku”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡   Siswa mendengarkan guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu Bunda Piara. (Mengamati)
¡   Siswa diajak membaca bersama-sama wacana yang terdapat pada buku siswa.
¡   Siswa dipersilahkan mengajukan pertanyaan tentang lagu dan wacana pada buku siswa.(menanya)
¡   Siswa diminta membentuk kelompok kecil dan berdiskusi mengenai pengalaman masa kecil.(mengumpulkan informasi)
¡   Setiap kelompok menceritakan kembali kembali hasil diskusi mereka.(mengkomunikasikan)
¡   Siswa dibimbing untuk menyimpulkan hasil presentasi tiap kelompok. (mengasosiasi)
¡   Siswa mengamati dan mengajukan pertanyaan mengenai gambar burung garuda pada buku siswa. (mengamati dan menanya)
¡   Siswa dan guru berdiskusi mengenai gambar burung garuda beserta simbol- simbolnya. (mengumpulkan Informasi)
¡   Siswa di minta untuk mengucapkan Pancasila secara lantang dengan bimbingan guru.(mengkomunikasikan)
¡   Guru menunjukkan bahwa setiap simbol mewakili setiap sila dari Pancasila.
¡   Siswa berlomba memasangkan simbol sila- sila dalam Pancasila secara berkelompok.
¡   Guru menyebutkan sila- sila dalam Pancasila secara acak, siswa di barisan pertama diminta untuk mencari simbol yang dimaksud.
¡    Peserta yang sudah mendapat giliran mundur ke barisan belakang, peserta di barisan kedua maju untuk menjawab soal berikutnya, kelompok yang mampu mengumpulkan skor paling banyak menjadi pemenangnya.
¡   Siswa mengamati gambar bintang sebagai simbol sila pertama dan diminta menyebutkan dengan lantang  bunyi dari sila pertama. (mengamati)
¡   Siswa dibimbing oleh guru untuk menyanyikan lagu Hari Merdeka.
¡   Siswa mengajukan pertanyaan seputar lagu Hari Merdeka. (menanya)
¡   Siswa membandingkan lagu yang diiringi alat musik dan yang dibacakan syairnya.
¡   Siswa menyebutkan alat- alat musik yang mereka ketahui.
¡   Guru menjelaskan alat musik ritmis.
¡   Siswa memilih kartu bergambar alat musik ritmis.
¡   Siswa diminta untuk menyanyikan kembali lagu Hari Merdeka.
¡   Guru menjelaska tanda birama dua pada musik.
¡   Siswa mempraktikkan lagu Hari Merdeka melalui penggunaan alat musik. Alat musik dapat diganti dengan menggunakan peralatan dapur seperti panci, ember, dan botol kaca.(mengkomunikasika)
¡   Bagi siswa menjadi dua kelompok. Satu kelompok diminta menyanyikan lagu Hari Merdeka, kelompok lainnya mengiringi dengan alat musik.
¡   Lakukan hal tersebut di atas secara giliran. 

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Lagu Bunda Piara.
¡  Gambar burung garuda Pancasila.
¡  10 set kartu bergambar simbol-simbol dari Pancasila (terlampir di dalam buku guru).
¡  Gambar-gambar berbagai alat musik.

F.      PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
¡  Unjuk Kerja Bercerita
Rubrik Menceritakan Hasil Diskusi tentang Pengalaman Masa Kecil
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
Kemampuan menceritakan kembali hasil diskusi (penilaian kelompok)
Siswa menceritakan kembali hasil diskusi kelompok dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
Siswa mence-ritakan kem-bali hasil dis-kusi kelompok dengan meng-gunakan baha-sa Indonesia dan sesekali dibantu deng-an penggu-naan bahasa daerah
Siswa menceritakan kembali hasil diskusi menggunakan bahasa Indonesia  yang dibantu dengan penggunaan bahasa daerah
Siswa menceritakan hasil diskusi dibantu guru sepenuhnya
Kepercayaan diri dalam menceritakan pengalaman masa kecil
Tidak terlihat ragu-ragu
Terlihat raguragu
Memerlukan bantuan guru
Belum memiliki keberanian menceritakan pengalaman masa kecil

Rubrik Pengalaman Menyanyikan Lagu Hari Merdeka
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
Kemampuan bernyanyi
Memenuhi tiga aspek (hafal syair, nada tepat, dan ekspresif)
Memenuhi dua dari tiga aspek
Memenuhi satu dari tiga aspek
Belum mampu memenuhi semua aspek
Kepercayaan diri
Tidak terlihat ragu-ragu
Terlihat ragu-ragu
Memerlukan bantuan guru
Belum berani tampil bernyanyi


Refleksi
1.      Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................

2.      Siswa saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................

3.      Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................

4.      Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................

Remedial
Untuk siswa yang belum berhasil membuat cerita sendiri, berikan kata-kata bantuan untuk siswa

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.


Mengetahui
Kepala SDN ....




....
NIP. ....

Pamekasan ,                       2018
Guru Kelas 1




....
NIP. ....




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :   SDN ....
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 5                             :   Pengalamanku
Sub Tema 1                      :   Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran                  :   2
Alokasi Waktu                 :   1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4       Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4       Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
¡  Kembali secara lisan mengenai peristiwa masa kecil yang telah disampaikan oleh orang tua atau melalui foto
¡  Bercerita dengan runtun dan menggunakan bahasa indonesia yang baik

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.1.      Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1.      Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
Indikator
¡  Menentukan simbol bintang sebagai lambang dari sila pertama Pancasila
¡  Menjelaskan perilaku di sekitar yang sesuai dengan Pancasila

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
3.2       Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah atau tempat bermain
4.1       Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator
¡  Menuliskan lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda dengan tepat
¡  Membilang benda sebanyak 21 – 40 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
¡  Menguraikan jumlah benda dalam puluhan dan satuan

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Pengalamanku Bercerita tentang Masa Kecil
¡  Pengalamanku Berbagi

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPengalamanku”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti

¡   Siswa diminta untuk mengumpulkan foto masa kecil yang telah dibawa dari rumah.
¡   Jika ada yang tidak punya, maka diminta untuk menceritakan cerita masa kecil seperti yang telah disampaikan oleh orang tuanya.  (mengkomunikasikan)
¡   Siswa bermain tebak gambar masa kecil. (mengasosiasi)
¡   Siswa diperlihatkan foto mereka secara acak dan meminta siswa menebak foto siapakah tersebut.(mengasosiasi)
¡   Siswa yang fotonya dapat ditebak,  diminta maju ke depan untuk menceritakan foto tersebut.
¡   Siswa mengajukkan pertanyaan tentang foto atau cerita masa kecil. (menanya)
¡   Siswa yang telah mendengarkan diberi kesempatan untuk mengajukan pendapat mengenai cerita temannya. (mengkomunikasikan)
¡   Demikian seterusnya sampai seluruh siswa memperoleh giliran untuk tampil bercerita.
¡   Setelah semua siswa bercerita, ajak siswa untuk selalu mensyukuri berbagai peristiwa yang telah dialami baik menyenangkan maupun kurang menyenangkan. Setiap peristiwa yang kita alami adalah kasih sayang Tuhan terhadap manusia.
¡   Siswa menunjukkan simbol Pancasila sebagai penerapan ajaran ketuhanan Yang maha Esa.
¡   Siswa menyebutkan makanan atau mainan yang mereka sukai saat masih kecil.
¡   Guru menunjukkan tiga buah kantung yang masing- masing berisi bola plastik, permen, dan stik es krim.
¡   Siswa menebak jumlah benda yang terdapat di dalam kantong tersebut. (mengasosiasi)
¡   Guru mencatat di papan tulis jawaban yang diberikan siswa.
¡   Siswa menghitung bersama – sama jumlah benda yang ada dalam kantung, lalu melingkari jawaban  di papan tulis yang menunjukkan jumlah benda.
¡   Minta siswa untuk mengerjakan latihan soal di buku siswa.
¡   Siswa berdiskusi mengenai berbagai pengalaman yang telah di alami pada saat masih kecil, baik yang menyenangkan maupun kurang menyenangkan. (mengumpulkan informasi)
¡   Siswa dibimbing untuk mensyukuri berbagai peristiwa yang telah dialami, baik menyenangkan maupun kurang menyenangkan.
¡   Kemukakan bahwa bersyukur merupakan salah satu bentuk pengalaman sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa”.    

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit


E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Foto siswa saat masih bayi atau balita (ingatkan siswa untuk membawa foto pada pertemuan sebelumnya).
¡  Benda-benda seperti bola plastik, permen, dan stik es krim sebanyak 40 buah.

F.      PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.   Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan Hasil Diskusi tentang Pengalaman Masa Kecil
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
Penggunaan bahasa
Siswa mampu menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan mengggunakan bahasa Indonesia yang baik
Siswa mampu menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan mengggunakan bahasa Indonesia dan sesekali diselingi dengan penggunaan bahasa daerah
Siswa mampu menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan mengggunakan bahasa Indonesia, tetapi masih lebih banyak menggunakan bahasa daerah
Siswa menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan bantuan penuh dari guru


2.   Latihan tertulis (lembar kerja di buku siswa)
Setiap soal yang benar mendapatkan 2 poin. Total skor: 2 x 5 = 10.

3.   Observasi
Lembar Pengamatan Diskusi

Kriteria
Terlihat (ü)
Belum Terlihat (ü)
Partisipasi dalam mengemukakan pendapat


Partisipasi dalam bertanya


Partisipasi dalam menjawab pertanyaan




Mengetahui
Kepala SDN ....




....
NIP. ....

Pamekasan ,                       2018
Guru Kelas 1




....
NIP. ....


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :   SDN ....
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 5                             :   Pengalamanku
Sub Tema 1                      :   Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran                  :   3
Alokasi Waktu                 :   1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1       Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
Indikator
¡  Membaca nyaring wacana tentang cahaya
¡  Menjawab pertanyaan yang diberikan secara tertulis berkaitan dengan wacana yang telah dibaca

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
3.2       Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1       Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
¡  Mengurutkan bilangan 21–40
¡  Membandingkan bilangan 21–40
¡  Membandingkan banyak bilangan dengan membandingkan banyak benda dalam puluhan dan satuan

PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
3.4       Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
4.4       Mempraktikkan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional
Indikator
¡  Menirukan gerak untuk melatih keseimbangan berupa menekuk lutut dan melakukan gerak peregangan tangan
¡  Mempraktikkan gerak statis keseimbangan berupa berdiri dengan mata terpejam

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Setelah membaca wacana tentang cahaya, siswa mampu memahami isi bacaan dengan baik.
¡  Setelah membaca wacana tentang cahaya, siswa mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan wacana secara tepat.
¡  Setelah mengelompokkan tusuk gigi ke dalam puluhan dan satuan, siswa dapat mengurutkan suatu bilangan dengan tepat.
¡  Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat membandingkan besar suatu bilangan dengan tepat.
¡  Setelah mengelompokkan benda, siswa dapat membandingkan banyak benda dalam puluhan dan satuan dengan tepat.
¡  Setelah mengamati demonstrasi guru, siswa dapat mempraktikkan gerak menekuk lutut dan peregangan tangan dengan baik dan benar.
¡  Setelah mengamati demonstrasi guru, siswa dapat melakukan gerak keseimbangan berupa berdiri dengan mata terpejam dengan seimbang.

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPengalamanku”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡   Siswa dan guru menyanyikan lagu Bersinar Matahari. (Mengkomunikasikan)
¡   Siswa bersyukur atas karunia sinar matahari dari Tuhan.
¡   Siswa diajak untuk membaca wacana yang terdapat di dalam buku siswa.
¡   Tunjuk siswa secara bergiliran untuk membaca nyaring.
¡   Siswa di ajak untuk mengidentifikasi tempat yang gelap dan terang di sekitar sekolah
¡   Siswa mendiskusikan penyebab tempat menjadi terang dan gelap. (mengumpulkan informasi)
¡   Siswa kembali ke kelas dan menjawab pertayaan yang terdapat pada buku siswa
¡   Sebelum kegiatan olah raga di luar kelas dimulai, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
¡   Tiap kelompok memperoleh sejumlah tusuk gigi
¡   Siswa di minta mengambil tusuk gigi sejumlah 10 batang dan mengikatnya
¡   Siswa diminta membuat 4 ikat tusuk gigi berisi masing- masing 10 batang
¡   Guru menjelaskan 1 ikat tusuk gigi sebagai puluhan dan 1 batang tusuk gigi sebagai satuan
¡   Siswa diminta untuk menunjukkan tusuk gigi sejumlah 34 dalam bentuk puluhan dan satuan (3 ikat tusuk gigi dan 4 batang tusuk gigi) (mengkomunikasikan)
¡   Siswa diminta untuk menentukan nilai tempat menggunakan tabel nilai tempat  (mengasosiasi)   

Nilai
Puluhan
Satuan
34
3
4

¡   Setiap kelompok diminta untuk membuat kumpulan tusuk gigi dalam jumlah sesuai dengan hasil diskusi kelompok dalam waktu 5 menit
¡   Setelah waktu habis minta perwakilan kelompok untuk maju kedepan dan memperlihatkan jumlah tusuk gigi yang telah dibuat (mengkomunikasikan)
¡   Siswa lain diminta untuk mengurutkan posisi berdiri setiap perwakilan kelompok, mulai dari jumlah yang paling kecil sampai yang paling besar (mengkomunikasikan)
¡   Ajak siswa untuk berkumpul dilampangan
¡   Ajak siswa untuk melakukan gerak pemanasan olahraga
¡   Sampaiakan pada siswa bahwa mereka akan melakukan gerak menekuk kaki dan peregangan tangan serta berdiri dengan mata terpejam.
¡   Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
¡   Siapkan kartu angka antara 21-40 sebanyak 5 pasang dan susun berbaris memanjang dihadapan siswa.
¡   Siswa diminta untuk menekuk lutut pada angka yang lebih besar kemudian menarik tangan kesamping pada angka yang lebi kecil
¡   Jika guru mengintruksikan untuk memilih angka yang lebih besar, maka siswa harus menekuk lutut di atas angka tersebut.
¡   Jika guru mengintruksikan untuk memilih angka yang lebih kecil, maka siswa harus menarik tangan di atas angka tersebut
¡   Siswa yang berdiri dibarisan paling depan diminta untuk memejamkan mata saat guru membacakan perintah
¡   Siswa yang belum memproleh giliran, diminta untuk memeriksa jawaban temannya
¡   Lakukan sampai siswa melewati 5 pasang angka dan seluruh siswa memproleh giliran

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Lagu Bersinar Matahari oleh Chicha Koeswoyo.
¡  Tabel Nilai Tempat.
¡  Buku siswa.
¡  Tusuk gigi atau lidi dan karet gelang.

F.      PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.   Test Kerja
2.   Unjuk kerja.
Skoring menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan wacana
Setiap soal yang benar mendapatkan 2 poin.
Total skor = 2 x 5 = 10




Rubrik Kegiatan Olahraga dan Mengurutkan Angka
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
Menentukan angka yang lebih besar dan lebih kecil

Siswa mampu membandingkan lima angka dengan tepat
Siswa mampu membandingkan tiga sampai dengan empat angka dengan tepat
Siswa mam-pu memban-dingkan dua sampai dengan tiga angka dengan tepat
Siswa membandingkan satu angka dengan tepat
Mengurutkan bilangan
Siswa mampu mengurutkan lima angka dengan tepat
Siswa mampu mengurutkan empat angka dengan tepat
Siswa mampu mengurutkan tiga angka dengan tepat
Siswa mampu mengurutkan dua angka dengan tepat
Melakukan gerak keseimbangan
Siswa mampu melakukan gerak keseim-bangan mene-kuk lutut dan peregangan tangan
Siswa mampu melakukan salah satu gerak keseimbangan secara mandiri
Siswa mampu melakukan salah satu gerak keseimbangan dengan bimbingan guru
Siswa melakukan kedua gerak keseimbangan dengan bimbingan penuh dari guru
Melakukan gerak statis
Siswa mampu melakukan gerak statis berdiri sambil memejamkan mata dalam waktu empat menit
Siswa mampu melakukan gerak statis berdiri sambil memejamkan mata dalam waktu tiga menit
Siswa mampu melakukan gerak statis berdiri sambil memejamkan mata dalam waktu dua menit
Siswa mampu melakukan gerak statis berdiri sambil memejamkan mata dalam waktu satu menit




Mengetahui
Kepala SDN ....




....
NIP. ....

Pamekasan ,                       2018
Guru Kelas 1




....
NIP. ....


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :   SDN ....
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 5                             :   Pengalamanku
Sub Tema 1                      :   Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran                  :   4
Alokasi Waktu                 :   1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4       Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4       Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata daerah untuk membantu penyajian
Indikator
¡  Membaca teks tentang cara membuat bingkai
¡  Menjelaskan fungsi bingkai

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
3.4       Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
4.1       Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
¡  Menuliskan lambang bilangan 21–40
¡  Menemukan jawaban dari soal penjumlahan dengan cara hitung maju.
¡  Memecahkan masalah penjumlahan 21–40 dengan tepat

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.4       Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya
4.4       Membentuk karya seni ekspresi dari bahan lunak
Indikator
¡  Mengidentifikasi bahan dan alat untuk membuat bingkai
¡  Membuat bingkai dari bubur kertas

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Pengalamanku Membuat Bingkai Bubur Kertas
¡  Pengalaman Menggunakan Krayon untuk Berhitung

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPengalamanku”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡   Guru meminta siswa mengeluarkan foto yang telah mereka bawa
¡   Siswa mendiskusikan foto yang mereka bawa merupakan salah satu benda kenagan dari suatu peristiwa (mengumpulkan informasi)
¡   Guru menjelaskan bahwa foto yang mereka bawa akan di bingkai lalu dipajang
¡   Siswa diajak membuat bingkai foto dari bubur kertas seperti pada buku siswa (mengkomunikasikan)
¡   Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bereksplorasi dalam pembuatan bingkai (mengasosiasi)
¡   Saat proses pembuatan bingkai selesai, siswa diminta untuk menjelaskan fungsi dari bingkai (mengkomunikasikan)
¡   Guru membimbing siswa dalam proses pengeringan bingkai bubur kertas
¡   Setelah kering siswa melapis dan menghiasi bingkai dengan menggunakan cat minyak (mengkomunikasikan)
¡   Siswa menceritakan pengalaman pertama menggambar dengan pensil warna (mengkomunikasikan)
¡   Siswa diminta menghitung satu set pensil warna yang berisi 18, lalu guru menambahkan satu set yang berisi 6 (mengkomunikasikan)
¡   Siswa menghitung jumlah pensil warna seluruhnya (mengkomunikasikan)
¡   siswa menuliskan di papan tulis langkah – langkah penjumlahanya (mengkomunikasikan)
¡   Siswa menghitung maju mulai dari 18 menggunakan pensil warna sebagai alat berhitung (mengkomunikasikan)
¡   Guru memberikan contoh lain dengan menggunakan garis bilangan seperti yang ada pada buku siswa
¡   Siswa diminta mengerjakan latihan di buku siswa. 

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit


E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Koran bekas, air, dan lem.
¡  Foto siswa yang telah dibawa pada pertemuan sebelumnya.
¡  Krayon.

F.      PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.   Tes tertulis.
Skoring:
1 soal mendapatkan poin sebesar 2.
Total nilai = 2 x 5 = 10.
2.   Unjuk kerja membuat dan menjelaskan fungsi bingkai.

Rubrik Membuat dan Menjelaskan Fungsi Bingkai
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
1
Kreativitas bingkai
Siswa dapat membentuk bingkai dengan memenuhi tiga aspek (ukuran sesuai, hiasan menarik, dan rapi)
Siswa dapat membentuk bingkai dengan memenuhi dua dari tiga aspek
Siswa dapat membuat bingkai dengan memenuhi satu dari tiga aspek
Belum memenuhi semua aspek
2
Menjelaskan fungsi bingkai
Siswa dapat menjelaskan fungsi bingkai dengan jelas dan tepat
Siswa dapat menjelaskan fungsi bingkai dengan arahan pertanyaan dari guru
Siswa menyebutkan fungsi bingkai, tetapi belum dapat menjelaskan
Siswa belum dapat menyebutkan fungsi bingkai

Mengetahui
Kepala SDN ....




....
NIP. ....

Pamekasan ,                       2018
Guru Kelas 1




....
NIP. ....





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :   SDN ....
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 5                             :   Pengalamanku
Sub Tema 1                      :   Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran                  :   5
Alokasi Waktu                 :   1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1       Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
Indikator
¡  Membaca wacana tentang bayangan
¡  Membuat kalimat dengan menggunakan kosa kata baru yang diberikan

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1       Mengamati serta menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
Indikator
¡  Mengidentifikasi simbol sila pertama dalam Pancasila
¡  Mendiskusikan tentang pengamalan sila pertama dari Pancasila

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.4       Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
4.1       Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator
¡  Menemukan jawaban dari soal penjumlahan dengan cara hitung maju
¡  Memecahkan soal penjumlahan 20–40 dengan tepat

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Pengalaman Menonton Wayang Kulit
¡  Penjumlahan Bersusun ke Bawah

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPengalamanku”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡   Siswa membaca wacana dibuku siswa secara bergantian
¡   Siswa mengajukan pertanyaan seputar menonton pertunjukkan tradisional (menanya)
¡   Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
¡   Perwakilan kelompok maju ke depan dan mengambil sebuah kata yang telah disiapkan guru
¡   Setiap siswa diminta menambahkan sebuah kata secara berantai sampai membentuk kalimat
¡   Kelompok yang berhasil membuat sebuah kalimat lengkap mendapatkan poin
¡   Siswa diminta untuk berlatih menulis kalimat pada buku siswa (mengkomunikasikan)
¡   Selesai mengerjakan latihan siswa membaca percakapan dibuku siswa dan memerankannya
¡   Siswa diminta untuk berdiskusi mengenai bentuk pengamalan sila pertama pancasila dari percakapan  yang telah diperankan (mengumpulkan informasi)
¡   Siswa mengulang dan mengingat kembali materi dengan menghitung maju
¡   Guru berrtanya pada siswa, bagaimana jika menemukan soal penjumlahan dalam angka yang besar dan tidak ada alat bantu berhitung berupa benda
¡   Siswa mengamati tabel nilai tempat yang dijelaskan guru mengenai penjumlahan bersusun. (mengamati)
¡   Siswa menggunakan benda atau gambar untuk  membayangkan benda kongkrit dari angka tersebut. (mengkomunikasikan)
¡   Siswa diminta untuk memperhatikan penempatan angka saat menjumlahkan. (mengamati)
¡   Siswa mengerjakan latihan di buku siswa

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit


E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Tabel nilai tempat.

F.      PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.   Tes tertulis.
Skoring:
1 soal mendapatkan poin sebesar 2.
Total nilai = 2 x 5 = 10.

Mengetahui
Kepala SDN ....




....
NIP. ....

Pamekasan ,                       2018
Guru Kelas 1




....
NIP. ....


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :   SDN ....
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 5                             :   Pengalamanku
Sub Tema 1                      :   Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran                  :   6
Alokasi Waktu                 :   1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4       Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4       Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
¡  Membaca teks deskriptif tentang pengalaman masa kecil dalam bentuk puisi.
¡  Membuat puisi yang berkaitan dengan pengalaman pada masa kecil.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
Indikator
¡  Mengenal Pancasila melalui teks bacaan.
¡  Mendiskusikan bentuk pengamalan sila pertama dari Pancasila.

PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
3.7       Mengetahui perbedaan bergerak di air dan di darat dalam aktivitas air
4.7       Mempraktikkan berbagai bentuk permainan pengenalan air dalam aktivitas air
Indikator
¡  Membedakan gerak di dalam air dan di darat melalui berjalan dan melompat di dalam air
¡  Mempraktikkan berjalan dan melompat di dalam air

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Pengalaman Berenang
¡  Pengalaman Mengenal Ke- Esaan Tuhan melalui Cerita.
¡  Membuat Puisi Pengalaman Masa Kecil

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPengalamanku”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
¡   Siwa diajak bermain air di kolam renang (jika ada) atau sungai dengan air yang bersih. (Mengekplorasi)
¡   Ajak siswa-siswa untuk duduk di sekeliling tepi kolam dan mengayuhkan kaki di dalam air kolam.
¡   Biarkan siswa merasakan kenyamanan saat bermain air dan mau turun ke kolam tanpa paksaan.
¡   Jika siswa sudah merasa nyaman, maka ajak mereka untuk turun ke dalam kolam dan berjalan di dalam air kolam.
¡   Lakukan gerakan berjalan di dalam kolam sebanyak dua kali putaran mengelilingi kolam.
¡   Setelah berjalan di dalam kolam, ajak siswa untuk melompat di sepanjang kolam.
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡   Siswa diminta untuk membaca wacana pada buku siswa bersama-sama. (Mengamati)
¡   Selesai membaca, guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai isi bacaan.
¡   Tanyakan pada siswa cara mereka menunjukkan rasa terima kasih pada Tuhan. (Menanya)
¡   Siswa memperagakan cara berdoa.
¡   Lakukan tanya jawab mengenai contoh pengamalan sila Pancasila. (Mengkomunikasikan)

Langkah-langkah kegiatan bagian tiga:
¡   Siswa mendengarkan guru membacakan puisi. (Mengamati)
¡   Siswa diminta untuk membaca puisi yang terdapat di dalam buku siswa. (Mengekplorasi)
¡   Siswa dan guru berdiskusi tentang perbedaan puisi dengan jenis bacaan lainnya.
¡   Siswa dijelaskan mengenai maksud dari puisi. (Mengekplorasi)
¡   Siswa diminta berdiskusi secara berpasangan untuk menceritakan pengalaman masa kecil mereka yang paling berkesan.
¡   Siswa diminta untuk mencoba menuangkan pengalaman mereka dalam bentuk puisi. (Mengekplorasi)
30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit
E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Kolam renang (jika ada).

F.      PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.   Unjuk Kerja
Rubrik Berjalan dan Melompat di dalam Kolam
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
Berjalan di dalam kolam
Siswa melakukan gerakan berjalan di dalam kolam sebanyak dua keliling kolam renang
Siswa melakukan gerakan berjalan di dalam kolam sebanyak satu keliling kolam renang
Siswa melakukan gerakan berjalan di dalam kolam sebanyak satu keliling kolam renang dengan bantuan guru
Siswa belum mau melakukan gerakan berjalan di dalam kolam
Melompat di dalam kolam
Siswa melakukan gerakan melompat di dalam kolam renang sepanjang kolam renang sebanyak dua kali
Siswa melakukan gerakan melompat di dalam kolam renang sepanjang kolam renang sebanyak satu kali
Siswa melakukan gerakan melompat di dalam kolam renang sepanjang kolam renang sebanyak satu kali dengan bantuan guru
Siswa belum mau melakukan gerakan melompat di dalam kolam

Pengalaman Mengenal Ke-Esaan Tuhan melalui Cerita
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
Menyebutkan contoh pengamalan sila Pancasila
Siswa dapat menyebutkan empat contoh pengamalan sila Pancasila dari cerita
Siswa dapat menyebutkan tiga contoh pengamalan Pancasila dari cerita
Siswa dapat menyebutkan dua contoh pengamalan Pancasila dari cerita
Siswa belum dapat menyebutkan contoh pengamalan sila Pancasila
Percaya diri
Terlihat tidak ragu-ragu
Terlihat ragu-ragu
Butuh bantuan guru dalam menyebutkan contoh pengamalan sila Pancasila
Belum bisa menyebutkan  contoh pengamalan sila Pancasila

Rubrik membuat puisi
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
Kesesuaian tema
Seluruh isi puisi sesuai dengan tema
Setengah isi puisi sesuai dengan tema
Kurang dari setengah isi puisi sesuai dengan tema
Isi puisi belum sesuai dengan tema
Jumlah baris
Empat baris
Tiga baris
Dua baris
Belum mampu membuat puisi

Kegiatan Remedial
¡  Untuk kegiatan pemahaman bacaan, siswa dapat diberikan wacana berisi kalimat-kalimat sederhana untuk dibaca.
¡  Untuk kegiatan membuat puisi, dapat dibacakan puisi-puisi sederhana sehingga siswa terbiasa mendengarkan gaya bahasa puisi.
¡  Untuk kegiatan berhitung, siswa diberikan latihan hitung maju sampai 40 dengan lebih intensif.
¡  Untuk kegiatan pemahaman pengamalan sila Pancasila, dapat diberikan contoh cerita atau dongeng yang berkaitan dengan sila pertama Pancasila.

Kegiatan Alternatif:
¡  Untuk kegiatan SBDP mengenai alat musik ritmis, siswa dapat diajak membuat alat musik ritmis “marakas” berupa botol plastik yang diisi beras. Alat musik tersebut dapat dimainkan untuk mengiringi lagu dengan birama dua ketukan.
¡  Untuk kegiatan SBDP membuat bingkai, selain bubur kertas, dapat pula digunakan lempung terigu.
¡  Untuk kegiatan matematika, menentukan besar atau kecil sebuah angka dapat digunakan neraca buatan yang diisi dengan sejumlah benda.

Refleksi
1.      Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................

2.      Siswa saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................

3.      Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................

4.      Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................

Remedial
Untuk siswa yang belum berhasil membuat cerita sendiri, berikan kata-kata bantuan untuk siswa

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala SDN ....




....
NIP. ....

Pamekasan ,                       2018
Guru Kelas 1




....
NIP. ....


Nah, jika anda mau melihat RPP K13 Tema Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 sub tema 2 silahkan langsung saja klik alamat berikut ini:

RPP K13 Tema 1 subtema 2 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 semester 2

Demikian postingan Gudang Download RPP Kurikulum 2013, tentang RPP K13 Tema 5 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019
Advertisemen