Advertisemen
Gudang RPP Kurikulum 2013 - Bapak/Ibu guru pengunjung blog Gudang RPP K13, berikut kami sajikan mengenai RPP K13 Tema 5 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019.
Adapun RPP K13 Tema 5 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 yang bisa anda jadikan referensi dalam penyusunan, namun yang kami sajikan di bawah ini hanyalah sebuah contoh silahkan Bapak/Ibu kembangkan atau tambahkan serta sesuaikan sendiri dengan keadaan di sekolah anda.
RPP K13 Tema 5 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 :
Nah, jika anda mau melihat RPP K13 Tema Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 sub tema 2 silahkan langsung saja klik alamat berikut ini:
RPP K13 Tema 1 subtema 2 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 semester 2
Demikian postingan Gudang Download RPP Kurikulum 2013, tentang RPP K13 Tema 5 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019
Adapun RPP K13 Tema 5 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 yang bisa anda jadikan referensi dalam penyusunan, namun yang kami sajikan di bawah ini hanyalah sebuah contoh silahkan Bapak/Ibu kembangkan atau tambahkan serta sesuaikan sendiri dengan keadaan di sekolah anda.
RPP K13 Tema 5 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 :
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN ....
Kelas /
Semester : I (Satu) / 2
Tema 5 : Pengalamanku
Sub Tema 1 : Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.4.1 Mendengarkan cerita guru tentang pengalaman masa kecil
4.4.1 Menceritakan secara lisan peristiwa masa kecil yang diingatnya
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan
sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila
Pancasila
Indikator
3.1.1 Menirukan sila-sila dalam Pancasila yang dibacakan oleh guru
4.1.1 Memasangkan simbolsimbol sila Pancasila dengan sila-sila pada
Pancasila
SBDP
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik
ritmis
4.8 Memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dan tiga dengan
alat musik ritmis
Indikator
3.2.1 Membedakan pola irama lagu menggunakan alat musik ritmis
4.8.1 Mengikuti irama lagu bertanda birama dua dengan menggunakan alat
musik ritmis
C. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Masa Kecil yang Menyenangkan
¡ Pengalaman
Menyanyikan Lagu Hari Merdeka
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Pengalamanku”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Siswa
mendengarkan
guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu Bunda Piara. (Mengamati)
¡
Siswa
diajak
membaca bersama-sama wacana yang terdapat pada buku siswa.
¡
Siswa
dipersilahkan
mengajukan pertanyaan tentang lagu dan wacana pada buku siswa.(menanya)
¡
Siswa
diminta
membentuk kelompok kecil dan berdiskusi mengenai pengalaman masa kecil.(mengumpulkan informasi)
¡
Setiap
kelompok
menceritakan kembali kembali hasil diskusi mereka.(mengkomunikasikan)
¡
Siswa
dibimbing
untuk menyimpulkan hasil presentasi tiap kelompok. (mengasosiasi)
¡
Siswa
mengamati
dan mengajukan pertanyaan mengenai gambar burung garuda pada buku siswa. (mengamati dan menanya)
¡
Siswa
dan guru berdiskusi mengenai gambar burung garuda beserta simbol- simbolnya.
(mengumpulkan Informasi)
¡
Siswa
di minta untuk mengucapkan Pancasila secara lantang dengan bimbingan guru.(mengkomunikasikan)
¡
Guru
menunjukkan
bahwa setiap simbol mewakili setiap sila dari Pancasila.
¡
Siswa
berlomba
memasangkan simbol sila- sila dalam Pancasila secara berkelompok.
¡
Guru
menyebutkan
sila- sila dalam Pancasila secara acak, siswa di barisan pertama diminta
untuk mencari simbol yang dimaksud.
¡
Peserta yang sudah mendapat giliran mundur ke barisan belakang,
peserta di barisan kedua maju untuk menjawab soal berikutnya, kelompok yang
mampu mengumpulkan skor paling banyak menjadi pemenangnya.
¡
Siswa
mengamati
gambar bintang sebagai simbol sila pertama dan diminta menyebutkan dengan
lantang bunyi dari sila pertama. (mengamati)
¡
Siswa
dibimbing
oleh guru untuk menyanyikan lagu Hari Merdeka.
¡
Siswa
mengajukan
pertanyaan seputar lagu Hari Merdeka. (menanya)
¡
Siswa
membandingkan
lagu yang diiringi alat musik dan yang dibacakan syairnya.
¡
Siswa
menyebutkan
alat- alat musik yang mereka ketahui.
¡
Guru
menjelaskan
alat musik ritmis.
¡
Siswa
memilih
kartu bergambar alat musik ritmis.
¡
Siswa
diminta untuk menyanyikan kembali lagu Hari Merdeka.
¡
Guru
menjelaska tanda birama dua pada musik.
¡
Siswa
mempraktikkan lagu Hari Merdeka melalui penggunaan alat musik. Alat musik
dapat diganti dengan menggunakan peralatan dapur seperti panci, ember, dan
botol kaca.(mengkomunikasika)
¡
Bagi
siswa menjadi dua kelompok. Satu kelompok diminta menyanyikan lagu Hari
Merdeka, kelompok lainnya mengiringi dengan alat musik.
¡
Lakukan
hal tersebut di atas secara giliran.
|
30 Menit
X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Lagu Bunda
Piara.
¡ Gambar burung
garuda Pancasila.
¡ 10 set kartu
bergambar simbol-simbol dari Pancasila (terlampir di dalam buku guru).
¡ Gambar-gambar berbagai alat
musik.
F. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
¡ Unjuk Kerja
Bercerita
Rubrik Menceritakan Hasil Diskusi
tentang Pengalaman Masa Kecil
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bim-bingan (1)
|
Kemampuan menceritakan
kembali hasil diskusi (penilaian kelompok)
|
Siswa menceritakan kembali hasil
diskusi kelompok dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
|
Siswa mence-ritakan
kem-bali hasil dis-kusi kelompok dengan meng-gunakan baha-sa Indonesia dan
sesekali dibantu deng-an penggu-naan bahasa daerah
|
Siswa
menceritakan kembali hasil diskusi menggunakan bahasa Indonesia yang dibantu dengan penggunaan bahasa
daerah
|
Siswa
menceritakan hasil diskusi dibantu guru sepenuhnya
|
Kepercayaan
diri dalam menceritakan pengalaman masa kecil
|
Tidak terlihat ragu-ragu
|
Terlihat raguragu
|
Memerlukan bantuan guru
|
Belum
memiliki keberanian menceritakan pengalaman masa kecil
|
Rubrik Pengalaman Menyanyikan Lagu Hari
Merdeka
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bim-bingan (1)
|
Kemampuan bernyanyi
|
Memenuhi tiga aspek (hafal
syair, nada tepat, dan ekspresif)
|
Memenuhi dua
dari tiga aspek
|
Memenuhi
satu dari tiga aspek
|
Belum mampu
memenuhi semua aspek
|
Kepercayaan diri
|
Tidak terlihat ragu-ragu
|
Terlihat ragu-ragu
|
Memerlukan bantuan guru
|
Belum berani tampil bernyanyi
|
Refleksi
1. Hal-hal
yang perlu menjadi perhatian
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
2. Siswa
saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
3. Hal-hal
yang menjadi catatan keberhasilan
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
4. Hal-hal
yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
Remedial
Untuk siswa yang belum berhasil membuat cerita sendiri, berikan kata-kata
bantuan untuk siswa
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target
pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala SDN ....
....
NIP. ....
|
|
Pamekasan ,
2018
Guru Kelas 1
....
NIP. ....
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN ....
Kelas /
Semester : I (Satu) / 2
Tema 5 : Pengalamanku
Sub Tema 1 : Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
¡ Kembali secara lisan mengenai
peristiwa masa kecil yang telah disampaikan oleh orang tua atau melalui foto
¡ Bercerita
dengan runtun dan menggunakan bahasa indonesia yang baik
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”
4.1. Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah
dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila
Pancasila
Indikator
¡ Menentukan
simbol bintang sebagai lambang dari sila pertama Pancasila
¡ Menjelaskan
perilaku di sekitar yang sesuai dengan Pancasila
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan
bilangan dengan bahasa yang sederhana
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda
yang ada di sekitar rumah, sekolah atau tempat bermain
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil
penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai
kemungkinan jawaban
Indikator
¡ Menuliskan
lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda dengan tepat
¡ Membilang
benda sebanyak 21 – 40 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
¡ Menguraikan
jumlah benda dalam puluhan dan satuan
C. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Pengalamanku
Bercerita tentang Masa Kecil
¡ Pengalamanku
Berbagi
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Pengalamanku”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Siswa
diminta untuk mengumpulkan foto masa kecil yang telah dibawa dari rumah.
¡
Jika
ada yang tidak punya, maka diminta untuk menceritakan cerita masa kecil seperti yang telah disampaikan oleh orang
tuanya. (mengkomunikasikan)
¡
Siswa
bermain tebak gambar masa kecil. (mengasosiasi)
¡
Siswa
diperlihatkan foto mereka secara acak dan meminta siswa menebak foto siapakah
tersebut.(mengasosiasi)
¡
Siswa
yang fotonya dapat ditebak, diminta maju ke depan untuk menceritakan
foto tersebut.
¡
Siswa
mengajukkan pertanyaan tentang foto atau cerita
masa kecil. (menanya)
¡
Siswa
yang telah mendengarkan diberi kesempatan untuk mengajukan pendapat mengenai cerita temannya. (mengkomunikasikan)
¡
Demikian
seterusnya sampai seluruh siswa memperoleh
giliran untuk tampil bercerita.
¡
Setelah
semua siswa bercerita, ajak siswa untuk selalu mensyukuri berbagai peristiwa yang telah
dialami baik menyenangkan maupun kurang menyenangkan. Setiap peristiwa yang
kita alami adalah kasih sayang Tuhan terhadap manusia.
¡
Siswa
menunjukkan simbol Pancasila sebagai penerapan
ajaran ketuhanan Yang maha Esa.
¡
Siswa
menyebutkan makanan atau mainan yang mereka
sukai saat masih kecil.
¡
Guru
menunjukkan tiga buah kantung yang masing- masing berisi bola plastik, permen, dan stik es krim.
¡
Siswa
menebak jumlah benda yang terdapat di dalam kantong tersebut. (mengasosiasi)
¡
Guru
mencatat di papan tulis jawaban yang diberikan siswa.
¡
Siswa
menghitung bersama – sama jumlah benda yang ada
dalam kantung, lalu melingkari jawaban
di papan tulis yang menunjukkan jumlah benda.
¡
Minta
siswa untuk mengerjakan latihan soal di
buku siswa.
¡
Siswa
berdiskusi mengenai berbagai pengalaman yang telah di alami pada saat masih kecil, baik yang menyenangkan
maupun kurang menyenangkan. (mengumpulkan informasi)
¡
Siswa
dibimbing untuk mensyukuri berbagai peristiwa yang telah dialami, baik
menyenangkan maupun kurang menyenangkan.
¡
Kemukakan
bahwa bersyukur merupakan salah satu bentuk pengalaman sila pertama
“Ketuhanan Yang Maha Esa”.
|
30 Menit
X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Foto siswa
saat masih bayi atau balita (ingatkan siswa untuk membawa foto pada pertemuan sebelumnya).
¡ Benda-benda
seperti bola plastik, permen, dan stik es krim sebanyak 40 buah.
F. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan Hasil Diskusi
tentang Pengalaman Masa Kecil
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bim-bingan (1)
|
Penggunaan
bahasa
|
Siswa mampu
menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan mengggunakan bahasa Indonesia
yang baik
|
Siswa mampu
menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan mengggunakan bahasa
Indonesia dan sesekali diselingi dengan penggunaan bahasa daerah
|
Siswa mampu
menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan mengggunakan bahasa
Indonesia, tetapi masih lebih banyak menggunakan bahasa daerah
|
Siswa
menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan bantuan penuh dari guru
|
2. Latihan tertulis
(lembar kerja di buku siswa)
Setiap
soal yang benar mendapatkan 2 poin. Total skor: 2 x 5 = 10.
3. Observasi
Lembar
Pengamatan Diskusi
Kriteria
|
Terlihat
(ü)
|
Belum
Terlihat (ü)
|
Partisipasi
dalam mengemukakan pendapat
|
|
|
Partisipasi
dalam bertanya
|
|
|
Partisipasi
dalam menjawab pertanyaan
|
|
|
Mengetahui
Kepala SDN ....
....
NIP. ....
|
|
Pamekasan ,
2018
Guru Kelas 1
....
NIP. ....
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN ....
Kelas /
Semester : I (Satu) / 2
Tema 5 : Pengalamanku
Sub Tema 1 : Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
Indikator
¡ Membaca
nyaring wacana tentang cahaya
¡ Menjawab
pertanyaan yang diberikan secara tertulis berkaitan dengan wacana yang telah
dibaca
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan
bilangan dengan bahasa yang sederhana
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan bendabenda
yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil
penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai
kemungkinan jawaban.
Indikator
¡ Mengurutkan
bilangan 21–40
¡ Membandingkan
bilangan 21–40
¡ Membandingkan
banyak bilangan dengan membandingkan banyak benda dalam puluhan dan satuan
PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam
rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau
tradisional
4.4 Mempraktikkan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk
melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhana dan atau
tradisional
Indikator
¡ Menirukan gerak untuk melatih
keseimbangan berupa menekuk lutut dan melakukan gerak peregangan tangan
¡ Mempraktikkan
gerak statis keseimbangan berupa berdiri dengan mata terpejam
C. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Setelah
membaca wacana tentang cahaya, siswa mampu memahami isi bacaan dengan baik.
¡ Setelah
membaca wacana tentang cahaya, siswa mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan
wacana secara tepat.
¡ Setelah
mengelompokkan tusuk gigi ke dalam puluhan dan satuan, siswa dapat mengurutkan suatu
bilangan dengan tepat.
¡ Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat membandingkan besar suatu bilangan dengan
tepat.
¡ Setelah
mengelompokkan benda, siswa dapat membandingkan banyak benda dalam puluhan dan
satuan dengan tepat.
¡ Setelah
mengamati demonstrasi guru, siswa dapat mempraktikkan gerak menekuk lutut dan peregangan
tangan dengan baik dan benar.
¡ Setelah
mengamati demonstrasi guru, siswa dapat melakukan gerak keseimbangan berupa berdiri
dengan mata terpejam dengan seimbang.
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||||||
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Pengalamanku”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
||||||
Inti
|
¡
Siswa
dan guru menyanyikan lagu Bersinar
Matahari. (Mengkomunikasikan)
¡
Siswa bersyukur atas karunia sinar matahari dari Tuhan.
¡
Siswa diajak untuk membaca wacana yang terdapat di dalam
buku siswa.
¡
Tunjuk siswa secara bergiliran untuk membaca nyaring.
¡
Siswa di ajak untuk mengidentifikasi tempat yang gelap
dan terang di sekitar sekolah
¡
Siswa
mendiskusikan penyebab tempat menjadi terang dan gelap. (mengumpulkan
informasi)
¡
Siswa
kembali ke kelas dan menjawab pertayaan yang terdapat pada buku siswa
¡
Sebelum kegiatan olah raga di luar kelas dimulai, siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok
¡
Tiap kelompok memperoleh sejumlah tusuk gigi
¡
Siswa di minta mengambil tusuk gigi sejumlah 10 batang
dan mengikatnya
¡
Siswa diminta membuat 4 ikat tusuk gigi berisi masing-
masing 10 batang
¡
Guru menjelaskan 1 ikat tusuk gigi sebagai puluhan dan 1
batang tusuk gigi sebagai satuan
¡
Siswa
diminta untuk menunjukkan tusuk gigi sejumlah 34 dalam bentuk puluhan dan
satuan (3 ikat tusuk gigi dan 4 batang tusuk gigi) (mengkomunikasikan)
¡
Siswa
diminta untuk menentukan nilai tempat menggunakan tabel nilai tempat (mengasosiasi)
¡
Setiap
kelompok diminta untuk membuat kumpulan tusuk gigi dalam jumlah sesuai dengan
hasil diskusi kelompok dalam waktu 5 menit
¡
Setelah
waktu habis minta perwakilan kelompok untuk maju kedepan dan memperlihatkan
jumlah tusuk gigi yang telah dibuat (mengkomunikasikan)
¡
Siswa
lain diminta untuk mengurutkan posisi berdiri setiap perwakilan kelompok,
mulai dari jumlah yang paling kecil sampai yang paling besar (mengkomunikasikan)
¡
Ajak
siswa untuk berkumpul dilampangan
¡
Ajak
siswa untuk melakukan gerak pemanasan olahraga
¡
Sampaiakan
pada siswa bahwa mereka akan melakukan gerak menekuk kaki dan peregangan
tangan serta berdiri dengan mata terpejam.
¡
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok
¡
Siapkan
kartu angka antara 21-40 sebanyak 5 pasang dan susun berbaris memanjang
dihadapan siswa.
¡
Siswa
diminta untuk menekuk lutut pada angka yang lebih besar kemudian menarik
tangan kesamping pada angka yang lebi kecil
¡
Jika
guru mengintruksikan untuk memilih angka yang lebih besar, maka siswa harus
menekuk lutut di atas angka tersebut.
¡
Jika
guru mengintruksikan untuk memilih angka yang lebih kecil, maka siswa harus
menarik tangan di atas angka tersebut
¡
Siswa
yang berdiri dibarisan paling depan diminta untuk memejamkan mata saat guru
membacakan perintah
¡
Siswa
yang belum memproleh giliran, diminta untuk memeriksa jawaban temannya
¡
Lakukan
sampai siswa melewati 5 pasang angka dan seluruh siswa memproleh giliran
|
30 Menit
X 35 JP
|
||||||
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing
(untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Lagu Bersinar
Matahari oleh Chicha Koeswoyo.
¡ Tabel Nilai
Tempat.
¡ Buku siswa.
¡ Tusuk gigi
atau lidi dan karet gelang.
F. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Test Kerja
2. Unjuk kerja.
Skoring
menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan wacana
Setiap soal
yang benar mendapatkan 2 poin.
Total skor = 2
x 5 = 10
Rubrik
Kegiatan Olahraga dan Mengurutkan Angka
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bim-bingan (1)
|
Menentukan angka yang lebih besar
dan lebih kecil
|
Siswa mampu membandingkan lima
angka dengan tepat
|
Siswa mampu membandingkan tiga
sampai dengan empat angka dengan tepat
|
Siswa mam-pu memban-dingkan dua
sampai dengan tiga angka dengan tepat
|
Siswa membandingkan satu angka
dengan tepat
|
Mengurutkan bilangan
|
Siswa mampu mengurutkan lima
angka dengan tepat
|
Siswa mampu mengurutkan empat
angka dengan tepat
|
Siswa mampu mengurutkan tiga
angka dengan tepat
|
Siswa mampu mengurutkan dua angka
dengan tepat
|
Melakukan gerak keseimbangan
|
Siswa mampu melakukan gerak
keseim-bangan mene-kuk lutut dan peregangan tangan
|
Siswa mampu melakukan salah satu
gerak keseimbangan secara mandiri
|
Siswa mampu melakukan salah satu
gerak keseimbangan dengan bimbingan guru
|
Siswa melakukan kedua gerak
keseimbangan dengan bimbingan penuh dari guru
|
Melakukan gerak statis
|
Siswa mampu melakukan gerak statis
berdiri sambil memejamkan mata dalam waktu empat menit
|
Siswa mampu melakukan gerak statis
berdiri sambil memejamkan mata dalam waktu tiga menit
|
Siswa mampu melakukan gerak statis
berdiri sambil memejamkan mata dalam waktu dua menit
|
Siswa mampu melakukan gerak
statis berdiri sambil memejamkan mata dalam waktu satu menit
|
Mengetahui
Kepala SDN ....
....
NIP. ....
|
|
Pamekasan ,
2018
Guru Kelas 1
....
NIP. ....
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN ....
Kelas /
Semester : I (Satu) / 2
Tema 5 : Pengalamanku
Sub Tema 1 : Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosa kata daerah untuk membantu penyajian
Indikator
¡ Membaca teks
tentang cara membuat bingkai
¡ Menjelaskan
fungsi bingkai
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan
bilangan dengan bahasa yang sederhana
3.4 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju
sampai 100 dan mundur dari 20
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil
penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai
kemungkinan jawaban.
Indikator
¡ Menuliskan
lambang bilangan 21–40
¡ Menemukan
jawaban dari soal penjumlahan dengan cara hitung maju.
¡ Memecahkan
masalah penjumlahan 21–40 dengan tepat
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat
prakarya
4.4 Membentuk karya seni ekspresi dari bahan lunak
Indikator
¡ Mengidentifikasi
bahan dan alat untuk membuat bingkai
¡ Membuat
bingkai dari bubur kertas
C. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Pengalamanku
Membuat Bingkai Bubur Kertas
¡ Pengalaman
Menggunakan Krayon untuk Berhitung
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Pengalamanku”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Guru
meminta siswa mengeluarkan foto yang telah
mereka bawa
¡
Siswa
mendiskusikan foto yang mereka bawa merupakan salah satu benda kenagan dari
suatu peristiwa (mengumpulkan
informasi)
¡
Guru
menjelaskan bahwa foto yang mereka bawa akan di bingkai lalu dipajang
¡
Siswa
diajak membuat bingkai foto dari bubur kertas seperti pada buku siswa (mengkomunikasikan)
¡
Guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk bereksplorasi dalam pembuatan bingkai
(mengasosiasi)
¡
Saat
proses pembuatan bingkai selesai, siswa diminta untuk menjelaskan fungsi dari
bingkai (mengkomunikasikan)
¡
Guru
membimbing siswa dalam proses pengeringan bingkai bubur kertas
¡
Setelah
kering siswa melapis dan menghiasi bingkai dengan menggunakan cat minyak (mengkomunikasikan)
¡
Siswa
menceritakan pengalaman pertama menggambar dengan pensil warna (mengkomunikasikan)
¡
Siswa
diminta menghitung satu set pensil warna yang berisi 18, lalu guru
menambahkan satu set yang berisi 6 (mengkomunikasikan)
¡
Siswa
menghitung jumlah pensil warna seluruhnya (mengkomunikasikan)
¡
siswa
menuliskan di papan tulis langkah – langkah penjumlahanya (mengkomunikasikan)
¡
Siswa
menghitung maju mulai dari 18 menggunakan pensil warna sebagai alat berhitung
(mengkomunikasikan)
¡
Guru
memberikan contoh lain dengan menggunakan garis bilangan seperti yang ada
pada buku siswa
¡
Siswa
diminta mengerjakan latihan di buku siswa.
|
30 Menit
X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Koran bekas, air, dan lem.
¡ Foto siswa
yang telah dibawa pada pertemuan sebelumnya.
¡ Krayon.
F. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis.
Skoring:
1 soal
mendapatkan poin sebesar 2.
Total nilai =
2 x 5 = 10.
2. Unjuk kerja membuat dan menjelaskan fungsi
bingkai.
Rubrik Membuat
dan Menjelaskan Fungsi Bingkai
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bim-bingan (1)
|
1
|
Kreativitas bingkai
|
Siswa dapat membentuk bingkai
dengan memenuhi tiga aspek (ukuran sesuai, hiasan menarik, dan rapi)
|
Siswa dapat membentuk bingkai dengan
memenuhi dua dari tiga aspek
|
Siswa dapat membuat bingkai dengan
memenuhi satu dari tiga aspek
|
Belum memenuhi semua aspek
|
2
|
Menjelaskan fungsi bingkai
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi
bingkai dengan jelas dan tepat
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi
bingkai dengan arahan pertanyaan dari guru
|
Siswa menyebutkan fungsi bingkai,
tetapi belum dapat menjelaskan
|
Siswa belum dapat menyebutkan fungsi
bingkai
|
Mengetahui
Kepala SDN ....
....
NIP. ....
|
|
Pamekasan ,
2018
Guru Kelas 1
....
NIP. ....
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN ....
Kelas /
Semester : I (Satu) / 2
Tema 5 : Pengalamanku
Sub Tema 1 : Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
Indikator
¡ Membaca wacana
tentang bayangan
¡ Membuat
kalimat dengan menggunakan kosa kata baru yang diberikan
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati serta menceritakan perilaku di sekitar rumah dan
sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila
Pancasila
Indikator
¡ Mengidentifikasi
simbol sila pertama dalam Pancasila
¡ Mendiskusikan
tentang pengamalan sila pertama dari Pancasila
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju
sampai 100 dan mundur dari 20
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil
penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai
kemungkinan jawaban
Indikator
¡ Menemukan jawaban dari soal
penjumlahan dengan cara hitung maju
¡ Memecahkan
soal penjumlahan 20–40 dengan tepat
C. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Pengalaman
Menonton Wayang Kulit
¡ Penjumlahan
Bersusun ke Bawah
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Pengalamanku”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Siswa
membaca wacana dibuku siswa secara bergantian
¡
Siswa
mengajukan pertanyaan seputar menonton pertunjukkan tradisional (menanya)
¡
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok
¡
Perwakilan
kelompok maju ke depan dan mengambil sebuah kata yang telah disiapkan guru
¡
Setiap
siswa diminta menambahkan sebuah kata secara berantai sampai membentuk
kalimat
¡
Kelompok
yang berhasil membuat sebuah kalimat lengkap mendapatkan poin
¡
Siswa
diminta untuk berlatih menulis kalimat pada buku siswa (mengkomunikasikan)
¡
Selesai
mengerjakan latihan siswa membaca percakapan dibuku siswa dan memerankannya
¡
Siswa
diminta untuk berdiskusi mengenai bentuk pengamalan sila pertama pancasila
dari percakapan yang telah diperankan
(mengumpulkan informasi)
¡
Siswa
mengulang dan mengingat kembali materi dengan menghitung maju
¡
Guru
berrtanya pada siswa, bagaimana jika menemukan soal penjumlahan dalam angka
yang besar dan tidak ada alat bantu berhitung berupa benda
¡
Siswa
mengamati tabel nilai tempat yang dijelaskan guru mengenai penjumlahan
bersusun. (mengamati)
¡
Siswa
menggunakan benda atau gambar untuk
membayangkan benda kongkrit dari angka tersebut. (mengkomunikasikan)
¡
Siswa
diminta untuk memperhatikan penempatan angka saat menjumlahkan. (mengamati)
¡
Siswa
mengerjakan latihan di buku siswa
|
30 Menit
X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Tabel nilai
tempat.
F. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis.
Skoring:
1 soal
mendapatkan poin sebesar 2.
Total nilai
= 2 x 5 = 10.
Mengetahui
Kepala SDN ....
....
NIP. ....
|
|
Pamekasan ,
2018
Guru Kelas 1
....
NIP. ....
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN ....
Kelas /
Semester : I (Satu) / 2
Tema 5 : Pengalamanku
Sub Tema 1 : Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
¡ Membaca teks
deskriptif tentang pengalaman masa kecil dalam bentuk puisi.
¡ Membuat puisi
yang berkaitan dengan pengalaman pada masa kecil.
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan
sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila
Pancasila
Indikator
¡ Mengenal
Pancasila melalui teks bacaan.
¡ Mendiskusikan
bentuk pengamalan sila pertama dari Pancasila.
PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
3.7 Mengetahui perbedaan bergerak di air dan di darat dalam
aktivitas air
4.7 Mempraktikkan berbagai bentuk permainan pengenalan air dalam
aktivitas air
Indikator
¡ Membedakan
gerak di dalam air dan di darat melalui berjalan dan melompat di dalam air
¡ Mempraktikkan
berjalan dan melompat di dalam air
C. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Pengalaman
Berenang
¡ Pengalaman
Mengenal Ke- Esaan Tuhan melalui Cerita.
¡ Membuat Puisi
Pengalaman Masa Kecil
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Pengalamanku”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡
Siwa diajak bermain air di kolam
renang (jika ada) atau sungai dengan air yang bersih. (Mengekplorasi)
¡
Ajak siswa-siswa untuk duduk di sekeliling tepi kolam dan
mengayuhkan kaki di dalam air kolam.
¡
Biarkan siswa merasakan kenyamanan saat bermain air dan
mau turun ke kolam tanpa paksaan.
¡
Jika siswa sudah merasa nyaman, maka ajak mereka untuk
turun ke dalam kolam dan berjalan di dalam air kolam.
¡
Lakukan gerakan berjalan di dalam kolam sebanyak dua kali
putaran mengelilingi kolam.
¡
Setelah berjalan di dalam kolam, ajak siswa untuk
melompat di sepanjang kolam.
Langkah-langkah kegiatan
bagian dua:
¡
Siswa diminta untuk membaca
wacana pada buku siswa bersama-sama. (Mengamati)
¡
Selesai membaca, guru dan siswa melakukan tanya jawab
mengenai isi bacaan.
¡
Tanyakan pada siswa cara mereka menunjukkan rasa terima
kasih pada Tuhan. (Menanya)
¡
Siswa memperagakan cara berdoa.
¡
Lakukan tanya jawab mengenai contoh
pengamalan sila Pancasila.
(Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah
kegiatan bagian tiga:
¡
Siswa mendengarkan guru membacakan
puisi. (Mengamati)
¡
Siswa diminta untuk membaca puisi yang terdapat di dalam
buku siswa. (Mengekplorasi)
¡
Siswa dan guru berdiskusi tentang perbedaan puisi dengan
jenis bacaan lainnya.
¡
Siswa dijelaskan mengenai maksud dari puisi. (Mengekplorasi)
¡
Siswa diminta berdiskusi secara berpasangan untuk
menceritakan pengalaman masa kecil mereka yang paling berkesan.
¡
Siswa diminta untuk mencoba menuangkan pengalaman mereka
dalam bentuk puisi.
(Mengekplorasi)
|
30 Menit
X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Kolam renang
(jika ada).
F. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Unjuk Kerja
Rubrik Berjalan dan Melompat di
dalam Kolam
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bim-bingan (1)
|
Berjalan di dalam kolam
|
Siswa melakukan gerakan
berjalan di dalam kolam sebanyak dua keliling kolam renang
|
Siswa melakukan gerakan
berjalan di dalam kolam sebanyak satu keliling kolam renang
|
Siswa melakukan gerakan
berjalan di dalam kolam sebanyak satu keliling kolam renang dengan bantuan
guru
|
Siswa belum
mau melakukan gerakan berjalan di dalam kolam
|
Melompat di dalam kolam
|
Siswa melakukan gerakan
melompat di dalam kolam renang sepanjang kolam renang sebanyak dua kali
|
Siswa melakukan gerakan
melompat di dalam kolam renang sepanjang kolam renang sebanyak satu kali
|
Siswa melakukan gerakan
melompat di dalam kolam renang sepanjang kolam renang sebanyak satu kali
dengan bantuan guru
|
Siswa belum
mau melakukan gerakan melompat di dalam kolam
|
Pengalaman Mengenal Ke-Esaan Tuhan
melalui Cerita
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bim-bingan (1)
|
Menyebutkan
contoh pengamalan sila Pancasila
|
Siswa dapat
menyebutkan empat contoh pengamalan sila Pancasila dari cerita
|
Siswa dapat
menyebutkan tiga contoh pengamalan Pancasila dari cerita
|
Siswa dapat
menyebutkan dua contoh pengamalan Pancasila dari cerita
|
Siswa belum
dapat menyebutkan contoh pengamalan sila Pancasila
|
Percaya diri
|
Terlihat tidak ragu-ragu
|
Terlihat ragu-ragu
|
Butuh bantuan guru dalam
menyebutkan contoh pengamalan sila Pancasila
|
Belum bisa
menyebutkan contoh pengamalan sila
Pancasila
|
Rubrik membuat puisi
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bim-bingan (1)
|
Kesesuaian tema
|
Seluruh isi
puisi sesuai dengan tema
|
Setengah isi
puisi sesuai dengan tema
|
Kurang dari
setengah isi puisi sesuai dengan tema
|
Isi puisi
belum sesuai dengan tema
|
Jumlah baris
|
Empat baris
|
Tiga baris
|
Dua baris
|
Belum mampu membuat puisi
|
Kegiatan
Remedial
¡ Untuk kegiatan pemahaman bacaan, siswa
dapat diberikan wacana berisi kalimat-kalimat sederhana untuk dibaca.
¡ Untuk kegiatan membuat puisi, dapat
dibacakan puisi-puisi sederhana sehingga siswa terbiasa mendengarkan gaya
bahasa puisi.
¡ Untuk kegiatan berhitung, siswa
diberikan latihan hitung maju sampai 40 dengan lebih intensif.
¡ Untuk kegiatan pemahaman pengamalan sila
Pancasila, dapat diberikan contoh cerita atau dongeng yang berkaitan dengan
sila pertama Pancasila.
Kegiatan
Alternatif:
¡ Untuk kegiatan SBDP mengenai alat
musik ritmis, siswa dapat diajak membuat alat musik ritmis “marakas” berupa
botol plastik yang diisi beras. Alat musik tersebut dapat dimainkan untuk
mengiringi lagu dengan birama dua ketukan.
¡ Untuk kegiatan SBDP membuat
bingkai, selain bubur kertas, dapat pula digunakan lempung terigu.
¡ Untuk kegiatan matematika, menentukan besar
atau kecil sebuah angka dapat digunakan neraca buatan yang diisi dengan
sejumlah benda.
Refleksi
1. Hal-hal
yang perlu menjadi perhatian
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
2. Siswa
saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
3. Hal-hal
yang menjadi catatan keberhasilan
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
4. Hal-hal
yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
Remedial
Untuk siswa yang belum berhasil membuat cerita sendiri, berikan kata-kata
bantuan untuk siswa
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target
pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala SDN ....
....
NIP. ....
|
|
Pamekasan , 2018
Guru Kelas 1
....
NIP. ....
|
Nah, jika anda mau melihat RPP K13 Tema Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 sub tema 2 silahkan langsung saja klik alamat berikut ini:
RPP K13 Tema 1 subtema 2 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019 semester 2
Demikian postingan Gudang Download RPP Kurikulum 2013, tentang RPP K13 Tema 5 Kelas 1 SD Tahun Pelajaran 2018/2019
Add Comments